oleh

Meskipun Menyegarkan, Ada Juga Lho Orang yang Benci Aroma Wewangian

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak sedikit orang yang menyukai aroma wewangian parfum atau body lotion. Salah satu manfaat menyemprotkan parfum atau wewangian adalah dapat menambah kepercayaan diri dalam pergaulan.

Meskipun aromanya menyegarkan, banyak juga orang yang ternyata benci mencium wewangian. Sebuah survei, dikutip dari Dreamers, mengambil sebanyak 1.100 partisipan, tentang paparan produk wewangian seperti parfum, kosmetik atau pewangi cucian.

Hasilnya, sebanyak 17 persen mengalami kesulitan bernapas dan sesak. Kemudian sekira 14 persen mengalami mata berair. Selanjutnya 10 persen mengalami migrain, dan delapan persen mengalami gangguan kulit seperti gatal, ruam atau dermatitis.

Sementara sebanyak 7,6 persen responden mengalami asma. “Berdasarkan studi ini sudah jelas bahwa efek kesehatan dari sensitivitas wewangian bisa terjadi mendadak, parah, dan berpotensi mengganggu,” kata Anne Steinemann PhD, peneliti dari Melbourne, Australia. ** Baca juga: Julukan ‘Gemuk’ Malah Bikin Anda Ogah Berolahraga

Pada penderita asma terkadang ada yang menghindari masuk ke toilet umum atau pertokoan karena tidak mau mencium aroma parfum yang dapat memicu asma. Solusinya, Anda disarankan membuka jendela saat beraktifitas dan sering keluar untuk mencari udara segar. Satu lagi, berjemur sinar matahari pagi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru