Meskipun Menjijikkan, Warna Ingus Indikasikan Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda

kabar6.com
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat sedang pilek, ingus yang keluar dari hidung menjadi hal yang merepotkan. Padahal meskipun menjijikkan, warna ingus ternyata mengindikasikan apa yang sedang terjadi dalam tubuh, lho.

Bagaimana mengetahuinya? Melansir Clevelandclinic, berikut uraiannya:

1. Bening
Mengindikasikan Anda dalam kondisi normal. Ingus yang sehat sebagian besar adalah air, dengan protein, antibodi, dan garam yang larut. Jaringan hidung memproduksinya 24 jam dalam tujuh hari. Sebagian besar mengalir ke belakang tenggorokan untuk dilarutkan dalam perut.

2. Putih
Ingus putih ini adalah karena adanya pembengkakan di jaringan yang meradang di hidung memperlambat aliran lendir. Membuatnya kehilangan kelembapan dan menjadikannya lebih tebal serta keruh. Ingus warna putih ini bisa jadi pertanda pilek atau yang lain seperti infeksi hidung.

3. Kuning
Ingus berwarna kuning mengindikasikan pilek yang Anda derita sedang berkembang. Sel-sel yang melawan infeksi mungkin menuju ke tempat mikroba menginfeksi.

Sel darah putih ada di antara mereka. Saat ingus berwarna kuning, pilek kemungkinan akan berlangsung 10 hingga 14 hari.

4. Hijau
Sistem kekebalan tubuh sedang melakukan perlawanan. Lendir tebal dalam hidung akan membawa sel-sel putih yang mati dan sisa-sisa ‘pertempuran’ dalam tubuh yang mengandung enzim dan warna kuning kehijauan.

Saat merasa demam atau mual, segera periksa ke dokter untuk mendapat perawatan terbaik.

5. Merah jambu atau berdarah
Saat ingus berdarah berarti ada jaringan di hidung yang rusak. Bisa jadi karena kering, iritasi, atau suatu hal lain.

6. Cokelat
Ingus ini berarti darah, atau mungkin sesuatu yang dihirup seperti kotoran atau tembakau.

7. Hitam
Jika Anda bukan perokok atau pengguna obat-obatan terlarang, lendir berwarna hitam bisa berarti infeksi jamur yang serius.

Infeksi ini biasanya disebabkan karena sistem kekebalan tubuh yang terganggu. Orang yang mengalami ini haruslah segera mengunjungi dokter. ** Baca juga: Benarkah Wanita Bertubuh ‘Subur’ Lebih Panjang Umur?

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)