oleh

Meski Tak Lazim, 4 Benda Ekspor Ini Harganya Selangit

Kabar6-Setiap negara memiliki hasil Bumi atau sejumlah komoditi yang menjadi andalan untuk diekspor ke banyak negara di belahan dunia ini. Misalnya saja minyak Bumi, rempah-rempah, bahan baku elektronik, dan lain sebagainya.

Namun beberapa negara ini, melansir Boombastis, mengekspor komoditi tak lazim yang memilik harga jual tinggi. Negara mana saja yang dimaksud?

1. Kanada, sperma sapi
Kanada dikenal mejadi salah satu penghasil sperma sapi terbaik di dunia. Pasalnya, sapi-sapi yang dihasilkan pun sangat berkualitas, banyak daging, susu, dan tidak mudah sakit. Karena itulah, akan jadi keuntungan sendiri kalau ‘bibitnya’ bisa dipakai atau dikawinkan dengan spesies lokal. Tiap tahunnya, Kanada bisa meraup sekira Rp853 miliar hanya dari penjual sperma sapi ini.

2. Amerika Serikat (AS), urine serigala
Negeri Paman Sam itu menjual urine serigala pada Jepang sudah sejak lama. Tujuan pembelian benda ini adalah agar urine itu nantinya disiramkan ke jalan raya sehingga banyak kijang yang tak sembarang lewat dan takut ditabrak.

3. Brasil dan India, rambut
Ekspor rambut dibutuhkan di banyak negara, terutama Israel dan AS. Kebanyakan digunakan untuk alat kecantikan seperti wig dan lain-lain. Brasil tiap tahun rutin mengekspor rambut ke Israel dan AS.

Negara lainnya yang tak kalah gencar melakukan ekspor rambut adalah India. Beberapa media bahkan mengungkapkan perkiraan penghasilan per kapita dari sektor ini. Misalnya saja pada 2018, negera pengekspor rambut meraup keuntungan sekira Rp497 miliar.

4. St. Kitts dan Nevis, kewarganegaraan
Beberapa negara memang menjual kewarganegaraan pada warga asing. Tujuannya agar saat berkunjung mereka tidak terhambat visa dan lain-lain.

Misalnya di satu negara di Kepulauan Karibia, St. Kitts dan Nevis. Di sana Anda bisa memiliki kewarganegaraan dengan membayar sekira Rp5,6 miliar. Tentu saja aturan ini hanya berlaku pada negara yang memperbolehkan kewarganegaraan ganda. ** Baca juga: Program Bayi Tabung, Seorang Dokter di AS Tipu Pasien dengan Gunakan ‘Benihnya’ Sendiri

Segala sesuatunya memang bisa dijadikan lahan uang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru