oleh

Merokok Sebabkan Keriput pada Kulit, Benarkah?

Kabar6-Banyak perokok yang mungkin tidak menyadari munculnya garis-garis halus yang terbentuk di sekitar kulit wajah. Ya, merokok dapat mempercepat proses penuaan pada kulit, yaitu menyebabkan terbentuknya keriput atau kerutan pada kulit.

Perubahan pada kulit ini mungkin dapat terjadi hanya dalam waktu 10 tahun sejak Anda mulai merokok. Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama Anda merokok, maka semakin banyak pula keriput yang terbentuk pada kulit.

Selain itu, merokok tidak hanya menyebabkan pembentukan keriput pada kulit wajah, tetapi juga pada kulit di bagian tubuh lainnya, termasuk pada bagian dalam lengan .

Walaupun keriput telah terbentuk pada kulit tidak dapat dihilangkan, Anda dapat mencegah pembentukan keriput lebih lanjut dengan segera berhenti merokok.

Lantas, bagaimana rokok dapat menyebabkan pembentukan keriput? Melansir WebMd, nikotin yang terdapat pada rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di lapisan terluar kulit, yang menyebabkan gangguan aliran darah pada kulit. Dengan berkurangnya aliran darah pada kulit, maka kulit tidak memperoleh cukup oksigen dan nutrisi penting yang diperlukannya, termasuk vitamin A.

Selain itu, berbagai kandungan zat kimia (lebih dari 4.000 jenis) lainnya di dalam rokok juga dapat merusak kolagen dan elastin (serat yang membuat kulit tetap kuat dan elastis) pada kulit Anda. ** Baca juga: Penjelasan Ahli Perihal Rapid Test COVID-19 yang Dianggap Tidak Akurat

Kerusakan kolagen dan elastin pada kulit membuat kulit menjadi kendur dan keriput sebelum waktunya. Paparan panas berulang dan ekspresi wajah yang Anda buat saat merokok, yaitu memajukan bibir dan menyipitkan mata saat menghisap rokok, juga berperan dalam pembentukan keriput pada kulit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru