Menyenangkan, Ada 5 Manfaat Berpelukan

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Tidak hanya nyaman dan membuat tenang, berpelukan dengan pasangan, anak, orangtua, dan orang-orang terdekat Anda, ternyata memiliki banyak manfaat, lho.

Disebutkan, berpelukan juga menjadi tanda bahwa masing-masing pasangan saling mendukung, dan juga dapat menjadi pengatur emosional seseorang. Apa saja manfaat utama bagi pasangan yang senang berpelukan? Dilansir The Health Site, berikut lima manfaat yang dimaksud:

1. Bantu kurangi flu
Studi yang dilakukan oleh Universitas Carnegie Mellon mengungkapkan, memeluk seseorang bisa membantu mengurangi flu. Pelukan efektif dalam melindungi orang dari infeksi virus, karena terciptanya emosional yang baik.

2. Hindari stres
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengklaim bahwa dipeluk oleh orang dipercaya dapat menghindari seseorang dari perasaan stres. Pelukan bisa membangun rasa percaya diri dan membangkitkan suasana hati. Dan itu efektif mencegah stres.

3. Turunkan kadar tekanan darah
Saat memeluk atau mencium seseorang yang dekat dengan Anda, kadar oksitosin naik. Hormon ini berperan penting dalam mengurangi kortisol dalam tubuh, sehingga menurunkan tingkat tekanan darah. Selain itu, ketika seseorang memeluk, ada sejenis reseptor tekanan yang ada di kulit menjadi aktif. Reseptor tersebut mengirimkan sinyal ke saraf otak yang menurunkan tekanan darah.

4. Bakar kalori
Memeluk orang yang Anda cintai membakar sekira 12 kalori. Berarti setiap kali memeluk seseorang, Anda membakar kalori yang akhirnya menjaga berat badan.

5. Tingkatkan daya ingat
Hormon oksitosin akan dilepaskan ke dalam aliran darah saat Anda memeluk seorang teman dekat atau keluarga yang dicintai. Aliran darah ke otak pun menjadi lancar dan bisa meningkatkan daya ingat. Anda wajib mendapatkan manfaat ini karena hingga tua nanti bisa terhindar dari risiko alzheimer dan demensia. ** Baca juga: Kertas Pembungkus Makanan Juga Miliki Kandungan Bahan Kimia Berbahaya

Menyenangkan, bukan? (ilj/bbs)