oleh

Menurut Riset, Wanita Lebih Pandai Tutupi Perselingkuhan Dibanding Pria

Kabar6-Selama ini kabar perselingkuhan yang kita dengar lebih banyak dilakukan kaum pria. Padahal menurut sebuah penelitian, justru wanita yang lebih jago dalam hal berselingkuh.

Benarkah demikian? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Western Australia, wanita memiliki kemampuan untuk berselingkuh karena mereka pandai menutupi ketidaksetiannya itu. Jika dibandingkan dengan wanita, pria kurang bisa menutupi perselingkuhannya.

Penelitian ini, melansir Wolipop, melibatkan 1.500 responden yang diperlihatkan foto 101 pria dan 88 wanita dewasa. Setelahnya, para responden diminta untuk memberikan peringkat satu hingga 10 seberapa besar orang-orang dalam foto tersebut bisa dipercaya, di mana peringkat 10 menyatakan bahwa orang tersebut paling memungkinkan untuk menjadi pelaku perselingkuhan.

Hasilnya, baik pria maupun wanita sama-sama bisa menebak dengan benar foto pria yang berselingkuh. Namun, tebakan ini tidak berlaku pada foto wanita.

Ketika wanita bisa dengan mudah mendeteksi jika pasangannya berselingkuh hanya dengan menatap wajah pasangannya, tetapi tidak demikian dengan pria. Mereka tidak bisa menebak dengan benar foto wanita mana yang berselingkuh.

Bagi dokter sekaligus penulis buku seputar seks bernama Dr Alverston Bailey, hasil riset di atas tidak mengejutkan. Menurutnya, memang wanita lebih mampu menutupi jejaknya saat melakukan sebuah ‘dosa.’

“Umumnya, wanita jauh lebih efisien dalam menutupi jejak mereka jika mereka menyimpang karena mereka lebih baik dalam verbalisasi perasaannya dan lebih emosional, oleh karena itu mereka lebih dapat dipercaya. Dan karena intuitifitas wanita, mereka dapat mengontrol tindakan dan perilaku mereka untuk menghindari kecemburuan dari pasangannya. Wanita juga lebih ekspresif secara fisik, dan karena itu menghasilkan kecurigaan yang lebih sedikit ketika mereka menggoda,” urai Bailey.

Ditambahkan, pria memang seringkali terlihat sebagai pelaku perselingkuhan, namun perlu diingat juga bahwa pria berselingkuh dengan wanita.

Jadi menurut Bailey, baik pria maupun wanita sama-sama berselingkuh, hanya wanita lebih pandai menutupi perselingkuhannya. ** Baca juga: Ketahui 7 Hoax Tentang Kesehatan yang Beredar di Masyarakat

Pendapat lain juga diberikan oleh seksolog bernama Dr Karen Carpenter. Menurut Carpenter, saat menjadi pelaku perselingkuhan, wanita cenderung lebih berhati-hati.

Ini karena mereka menyadari bahwa wanita memiliki sanksi sosial yang lebih besar ketimbang pria jika mereka kedapatan berselingkuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru