oleh

Menurut Riset, Kumpul Bareng Teman 2 Kali Seminggu Baik untuk Kesehatan Mental

Kabar6-Jika selama ini Anda berpikir bahwa hangout atau kumpul bersama teman-teman hanya sekadar menghabiskan waktu, riset terbaru membuktikan hangout bareng sahabat atau teman bermanfaat untuk kesehatan.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Oxford, melansir Wolipop, bersantai dengan sahabat setidaknya dua kali dalam seminggu baik untuk kesehatan mental dan fisik. Dan orang yang mempunyai banyak teman cenderung tidak sering jatuh sakit, mereka diketahui lebih cepat sembuh bahkan setelah mereka menjalani operasi. “Angka dua kali seminggu berasal dari temuan kami bahwa ini adalah jumlah waktu yang biasanya kamu habiskan bersama sahabat atau keluarga terdekat,” kata profesor psikologi evolusi Dr. Robin Dunbar.

Ditambahkan, “Untuk kedua jenis kelamin, memiliki jaringan sosial yang besar dan terintegrasi dengan baik memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan fisik dan emosional.”

Dr. Dunba dan pengamat sosial Danny Wallace melakukan eksperimen sosial dengan melibatkan lima responden yang semuanya berteman. Mereka semuanya adalah penggemar sepak bola. Kelima responden itu diminta melakukan dua kegiatan.

Pertama, memainkan permainan sepak bola secara virtual satu sama lain dari jarak jauh dan kemudian mereka mengisi survei tentang bagaimana perasaan mereka tentang pengalaman itu. Kemudian kedua, bermain sepak bola di kehidupan nyata secara bersama-sama dan kemudian mengisi survei yang sama dari sebelumnya.

Hasilnya, kegiatan bermain sepakbola di dunia nyata menghasilkan ‘pengalaman ikatan’ yang jauh lebih kuat daripada pengalaman virtual. Tentu saja, interaksi manusia menciptakan keikatan lebih dekat.

Dunbar mengungkapkan, sekira 75 persen anggota jaringan sosial wanita adalah wanita, dan sekira 75 persen pria adalah pria. Tetapi bagaimana pria dan wanita itu mengatur jaringan sosial mereka berbeda. Pria lebih cenderung memiliki empat atau lima sahabat untuk bergaul dengan mereka secara teratur, sementara wanita fokus pada menumbuhkan hubungan dengan satu orang yang mereka anggap sebagai Best Friend Forever (BFF).

“Ada kualitas dalam persahabatan yang bisa kita anggap sebagai teman yang sangat dekat, teman dekat, teman baik atau hanya sekadar teman,” jelas Dunbar. “Dan ini mencerminkan seberapa sering kebersamaan dan kontak terjadi (mulai dari beberapa kali dalam seminggu sampai setahun sekali). Dalam konteks ini, kita berbicara tentang orang-orang yang kita dengan senang hati untuk menginvestasikan waktu melihat dan bertemu mereka, mereka yang pertamakali bersedia membantu kamu ketika mengalami kesulitan,” urainya.

Riset Dunbar menyimpulkan, milikilah teman dalam hidup ini. Manusia bisa mengatasi stres dengan lebih baik ketika mereka mengetahui bahwa mereka memiliki teman-teman untuk berbagi cerita. ** Baca juga: Benarkah Orang Pintar Miliki Jantung Sehat?

“Dan kunci untuk mempertahankan persahabatan yang kuat adalah bertemu dua kali seminggu serta melakukan hal-hal yang menyenangkan dengan orang yang paling dekat denganmu,” ungkapnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru