oleh

Menurut Ahli Gizi, Begini Menu Sarapan yang Sehat

Kabar6-Sarapan dengan makanan yang mengandung cukup nutrisi sangat dianjurkan, salah satunya agar Anda dapat lebih berkonsentrasi selama melakukan aktivitas sepanjang hari.

Jenis minuman yang dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tadi adalah segelas susu, karena mengandung karbohidrat dan protein, serta tidak menimbulkan efek kenyang berlebih. Pilihan lain, melansir Aura, antara lain jus buah dengan tambahan protein seperti telur. Hal ini, mengingat jus buah hanya mengandung karbohidrat dari fruktosa.

Sarapan sebaiknya dilakukan setengah jam sebelum beraktivitas. Setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengonsumsi camilan pada pukul 09.00. Jadwal makan yang satu ini tidak wajib kecuali untuk penderita penyakit tertentu seperti diabetes.

Untuk sarapan, idealnya mencakup gizi seimbang. Bila dirasa terlalu kenyang, sebaiknya Anda memenuhi asupan karbohidrat dan protein terlebih dahulu. Selanjutnya saat mengemil, atau pada jadwal makan berikutnya, bisa mengonsumsi buah untuk asupan vitamin dan mineral. ** Baca juga: Telat Sarapan, Makan Jelang Siang Ternyata Punya Aturan Agar Kondisi Lambung Tetap Sehat

Hal yang terpenting adalah total kebutuhan harian semua zat tersebut dapat terpenuhi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru