oleh

Menu Unik di Jepang, Camilan Tempura Daun Maple

Kabar6-Setiap tempat tentu memiliki camilan khas yang berbeda dari lainnya. Sama halnya, di kota Minoh, Osaka, Jepang, ada sebuah camilan tradisional yang unik namun sangat enak.

Camilan itu bernama tempura daun maple atau biasa disebut dengan momiji tempura, yang sudah ada sejak 1300-an. Pohon maple adalah tanaman milik keluarga Aceraceae. Ada 128 spesies dan beberapa ribu jenis pohon maple yang dapat ditemukan sebagian besar pada belahan bumi utara. Bukti fosil menunjukkan bahwa maple ada di planet setidaknya 100 juta tahun. Spesies tertentu maple lenyap selama zaman es.

Setsuko Hisakuni adalah salah satu warga setempat yang membuat tempura dari daun maple selama lebih dari 50 tahun. “Saya telah membuat tempura daun maple selama 50 tahun, sejak saya menikah,” katanya.

Menurut Hisakuni, seperti dilansir Bored Panda, ketika Jepang sedang dilanda musim gugur, daun maple sangat mudah didapatkan. Namun tidak semua jenis daun mapel dapat dimakan dan dibuat tempura. Daun mapel merah tidak bisa dimakan. Namun daun maple berwarna kuning cocok untuk tempura.

“Kami biasanya mengumpulkan daun yang telah jatuh dari pohon lalu menggabungkannya dengan garam. Setelah itu, kami membiarkannya selama satu tahun.” Setelah itu, batang daun dipotong dan membersihkan garam dari daun. Lalu mencampur daun diadonan tempura. “Terkadang, orang bertanya apakah mereka bisa makan daun maple mentah. Namun setelah dicoba rasanya tidak ada.”

Padahal, Hisakuni menjelaskan bahwa rasa manis pada tempura daun maple karena ada tambahan gula. “Rasa manis itu karena buatan tangan. Kami membuatnya satu per satu.”

Sementara itu toko tempura daun maple milik Hisakuni sudah berdiri selama 80 tahun. “Membuat daun maple tempura itu menyenangkan. Apalagi ketika kami bertemu dengan pembeli yang belum pernah mendengar tempura daun maple sama sekali.” ** Baca juga: Seorang Remaja India Ciptakan Celana Dalam Antiperkosaan Dilengkapi dengan GPS

Jadi penasaran mencoba, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru