oleh

Menu Takjil Sehat yang Bisa Jadi Rekomendasi Saat Berbuka Puasa

Kabar6-Memasuki bulan Ramadan, Anda tentu sering menemukan kata takjil, yang sering diartikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa. Sebenarnya, takjil berarti penyegeraan untuk menyelesaikan puasa/membatalkan puasa dengan memakan sesuatu.

Ada banyak jenis takjil yang umumnya disediakan sebagai hidangan berbuka puasa, terutama makanan dan minuman manis yang disantap sebelum berlanjut ke menu utama seperti kurma, kolak, gorengan, sop buah dan makanan pembuka lainnya.

Nah, agar tubuh tetap terjaga kesehatannya, melansir beberapa sumber, ada beberapa menu takjil sehat yang direkomendasikan untuk berbuka puasa. Apa sajakah itu?

1. Bubur kacang hijau
Menu ini mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Human and Experimental Toxicology menyebutkan, kacang hijau berperan penting dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh.

Kacang hijau juga menjadi salah satu sumber protein yang juga berfungsi sebagai antioksidan. Dalam penelitian yang diterbitkan pada Journal of Chemistry Central, disebutkan bahwa kacang hijau pun berfungsi sebagai antiinflamasi, antitumor, dan juga mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

2. Kolak
Bahan ubi kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Selain itu, bahan ini juga menjadi sumber karbohidrat alternatif yang baik untuk pengidap diabetes. Sementara bahan singkong kaya akan vitamin C dan asam folat, baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Es buah
Meskipun potongan aneka buah segar dan es batu bisa mengusir haus seketika, harus juga diperhatikan asupan gulanya, ya. Saat ingin mengonsumsi es buah, sebaiknya gunakan satu jenis pemanis saja, seperti sirop atau gula pasir cair.

Apabila ingin lebih sehat, Anda dapat mencampurkan madu, perasan lemon, dan sedikit susu sebagai kuahnya. ** Baca juga: Mana yang Disarankan, Makan ‘Berat’ Saat Berbuka Puasa atau Usai Salat Tarawih?

4. Jus atau smoothie
Untuk menu smoothie sehat, Anda bisa memilih yoghurt yang rendah lemak. Jangan khawatir lapar, karena smoothie mengandung kalori yang mampu untuk memenuhi asupan harian tubuh.

5. Puding buah
Anda dapat mengganti camilan gorengan dengan puding buah, namun juga hindari pemakaian gula yang berlebihan. Agar lebih sehat, buatlah saus puding dari susu rendah lemak.

Takjil mana yang Anda pilih untuk berbuka puasa?(ilj/bbs)

Berita Terbaru