oleh

Menu Sarapan Wajib yang Sebaiknya Dipilih Agar Kulit Tetap Sehat

Kabar6-Kebiasaan sarapan sehat akan mengurangi kerusakan kulit akibat terkena paparan sinar matahari setiap hari. Artinya, pola sarapan yang salah dapat mempengaruhi kulit. Jadi, apa saja menu sarapan yang sebaiknya dipilih agar kulit tetap sehat? Dilansir Boldsky, berikut uraiannya:

1. Air putih
Banyak orang memilih mengonsumsi minuman mengandung kafein usai bangun tidur di pagi hari. Bukannya tidak boleh, terlalu banyak kafein dalam tubuh dapat membuat kulit menjadi kering. Jadi sebelum mengonsumsi kafein sebaiknya minum segelas air putih terlebih dahulu.

2. Cuka sari apel
Cuka sari apel baik untuk kulit dan rambut. Sebanyak 1-2 sendok cuka sari apel menjadi minuman sehat jika dicampur dengan segelas air hangat dan diminum setiap pagi. Cuka sari apel bagus untuk mengatasi perut kembung, mengandung enzim yang membantu untuk memecah karbohidrat kompleks dan lemak dalam tubuh.

3. Hindari makanan karbohidrat dengan glikemik indeks tinggi
Makanan yang mengandung kadar gula dalam jumlah besar seperti biskuit dan kue memicu insulin dalam tubuh, sehingga merusak kapasitas tubuh untuk memproduksi kolagen. Hal ini membuat kulit kering dan mempercepat kerutan pada wajah.

4. Konsumsi makanan mengandung zinc
Zinc unsur yang paling penting dibutuhkan oleh tubuh. Zinc membantu kelenjar tubuh untuk meningkatkan produksi minyak, yang menjaga kulit tetap lembab, kenyal dan lembut.

5. Konsumsi makanan mengandung Omega-3
Asam lemak omega-3 merupakan senyawa penting yang diperlukan oleh tubuh untuk mendapatkan kulit yang sehat. Lemak baik ini mendorong tubuh untuk memproduksi senyawa anti-inflamasi yang dapat menguntungkan kulit. Ikan memiliki kandungan omega-3 paling banyak.

6. Hindari konsumsi makanan cepat saji
Jenis makanan ini tidak memberikan cukup energi, tetapi hanya akumulasi lemak dalam tubuh. Makanan cepat saji menyebabkan tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

7. Jus gula buatan
Minum jus buah asli setiap pagi tentu sangat baik. Namun jus dengan gula buatan tentu tidak baik. Konsumsi gula berlebihan akan membuat tubuh dehidrasi sehingga mengarah munculnya jerawat di wajah. ** Baca juga: Salah Terapkan Metode Diet Sebabkan 4 Masalah Bagi Tubuh

Semoga bermanfaat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru