oleh

Menu Sarapan Sehat yang Bantu Turunkan Berat Badan

Kabar6-Menu yang dikonsumsi akan menentukan bagaimana kondisi fisik kita. Artinya, apabila Anda makan sembarangan, kemungkinan besar tubuh bisa mengalami obesitas dan penurunan berat badan menjadi lambat.

Karena itulah, biasakan untuk makan sehat setiap hari dimulai dari sarapan secara rutin. Meskipun tidak langsung membuat berat badan turun, sarapan secara rutin bisa membuat Anda kenyang dan tidak makan berlebihan di siang dan sore harinya. Melansir doktersehat, ini menu sarapan yang bantu berat badan turun:

1. Telur
Telur adalah salah satu makanan yang sering disebut sebagai power house of food karena gizinya lengkap dan harganya cenderung murah. Dalam satu butir telur terdapat lemak dan juga protein. Kombinasi dua nutrisi ini akan membuat Anda kenyang lebih lama dibandingkan dengan Anda makan lainnya.

Dari beberapa penelitian, makan telur di pagi hari akan mencegah makan berlebihan di siang hari. Selain itu percobaan pada mereka yang mengalami obesitas akan mengalami penurunan berat badan signifikan dan juga penurunan lingkar perut. Anda bisa makan telur secara rutin setiap harinya dengan cara direbus atau digoreng dengan minyak yang sehat.

2. Yoghurt
Yoghurt memiliki rasa asam saat dikonsumsi tanpa campuran apa pun. Bila Anda merasa memiliki masalah dengan rasa asam, ada baiknya untuk mencampur yoghurt dengan sedikit madu atau buah yang manis seperti pisang. Selanjutnya yoghurt bisa dikonsumsi di pagi hari.

Makanan dari fermentasi susu ini bermanfaat untuk tubuh dalam mengatasi masalah sembelit dan juga menekan nafsu makan secara berlebihan. Kandungan probiotik yang ada di dalamnya juga membantu menjaga kesehatan usus.

3. Buah berry
Dari beberapa penelitian yang dilakukan, buah berry seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan lainnya memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Manfaat itu terdiri dari menurunkan keinginan untuk makan karena serat yang terkandung sangat banyak. Selain itu, kandungan antioksidannya juga sangat banyak dan mencegah tubuh mudah sakit.

4. Teh hijau
Anda boleh makan apa pun di pagi hari asal tidak berlebihan. Selanjutnya, konsumsi teh hijau sebanyak satu cangkir tanpa gula. Teh hijau membantu tubuh dalam meningkatkan metabolisme. Bila sejak pagi metabolisme sudah dinaikkan, kemungkinan terjadi pembakaran lemak akan besar. Apalagi kalau Anda tidak makan sembarangan.

5. Oatmeal
Anda bisa mengonsumsi oatmeal di pagi hari sebagai pengganti nasi. Kandungan serat yang dimiliki oatmeal akan membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, oatmeal juga baik dalam mengatasi kolesterol berlebihan di dalam tubuh serta tidak akan menaikkan gula darah dengan cepat. ** Baca juga: Riset Ungkap, Seumur Hidupnya Rata-rata Orang Rasakan 2 Kali Jatuh Cinta

Mudah, bukan? (ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru