oleh

Menhub: Persiapan Angkutan Mudik Sudang Matang

Kabar6-Menteri Perhubungan (Menhub) EE Mangindaan menjamin, segala persiapan angkutan arus mudik dan balik Lebaran telah matang. Demikian pula keamanan, telah disiagakan dengan baik.

“Segala persiapan sudah kita siagakan dengan baik untuk angkutan darat, laut, dan udara,” kata EE Mangindaan usai apel siaga angkutan udara Lebaran di Terminal II Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (1/8/2013).

Seluruh lima bandara utama, kata Mangindaan, yakni bandara Hasanuddin-Makassar, Juanda-Surabaya, Ngurah Ray-Bali, Kualanamo-Medan, dan Soekarno Hatta-Tangerang, telah menyediakan penerbangan tambahan.

Setiap airline juga sudah memastikan akan membantu arus mudik Lebaran tahun ini.

Diakui Menhub, arus mudik Lebaran di Bandara Soekarno-Hatta pada tahun 2012 memang sempat terganggu karena terjadi lonjakan penumpang. Akibat lonjakan penumpang, banyak pesawat delay.

“Makanya tahun ini untuk menekan jumlah penumpang, dilakukan penambahan ekstra flight, dan kita berharap tahun ini tak ada masalah,” ujarnya.

Mangindaan juga menyinggung kesiapan keamanan di bandara, terminal, dan pelabuhan. Menurutnya, keamanan sudah dimatangkan dengan baik untuk menjaga kemungkinan adanya teror atau kekacauan.

Terkait tarif maskapai penerbangan, untuk kesekian kalinya ia menegaskan, hanya tarif batas untuk kelas ekonomi yang tidak boleh dinaikkan dan ada batasnya.

“Kelas ekonomi jangan dinaikkan, kasihan masyarakat. Jika maskapai menjual tinggi akan terkena sanksi,” ucapnya.

Sanksi menaikkan tarif kelas ekonomi, tutur Mangindaan, tidak hanya dikenakan kepada pilotnya. “Izin rute maskapai bersangkutan bisa dicabut, dan sebelum sanksi itu dilakukan akan ditegur keras,” tandasnya.(rah)

Berita Terbaru