oleh

Mengerikan, Suku Yanomami di Brasil Mengubur Orang Mati dengan Cara Memakan Dagingnya

Kabar6-Suku Yanomami di Brasil memiliki ritual pemakaman yang sungguh mengerikan. Bukan dengan cara dikubur atau kremasi, mereka masih menggunakan ritus Endocannibalism atau memakan daging orang mati dari komunitas suku atau masyarakat yang sama.

Suku Yanomami/Yanam atau Senema ini banyak ditemukan di Venezuela, Brasil dan negara Afrika Selatan lainnya. Melansir theguardian, suku Yanomami percaya bahwa jiwa mereka perlu dilindungi setelah tubuhnya mati, juga meyakini jiwanya bisa beristirahat jika melakukan transisi seperti membakar tubuh, atau tubuh dimakan oleh kerabat yang masih hidup.

Biasanya, suku Yanomami bernyanyi ketika ada seorang kerabat yang mati, dengan harapan mereka akan memanggil rohnya dan menghilangkan kesedihan kerabat. Kemudian, pada fase kedua mereka mulai membakar jenazah, lalu mengumpulkan tulang-tulang yang tersisa dari pembakaran mayat.

Kemudian, mereka mengubahnya menjadi bubuk yang dicampur dengan abu dari tubuh yang terbakar. Mereka mencampurkannya dengan pisang dan membuat sup pisang lalu memberikan kepada semua orang. ** Baca juga: Honiara di Kepulauan Solomon Jadi Ibu Kota Termiskin di Dunia

Menurut keyanikanan suku Yanomami, mereka percaya menyelesaikan ritual ini adalah satu-satunya cara membuat jiwa yang mati mencapai kedamaian. Tetapi dalam kasus di mana musuh membunuh kerabat atau anggota desa.

Hanya wanita yang memakan abu dan setelah itu bentuk balas dendam dilakukan pada pelakunya. Namun upacara dilakukan pada malam yang sama, lalu penduduk desa harus membalas dendam melalui mungkin serangan di wilayah musuh.

Itu adalah catatan yang secara umum dikenal oleh kebanyakan orang tentang ritual Yanomami. Namun dalam manuskrip kuno ada sebagian anggota suku yang memakan daging almarhum beramai-ramai dengan tujuan kebaikan.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email