Mengenal Gejala Umum Tubuh Kelebihan Garam

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Mengonsumsi garam terlalu banyak diketahui tidak baik bagi kesehatan, karena dapat memicu beberapa penyakit antara lain tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, hingga terkena penyakit jantung.

Lantas, bagaimana cara Anda mengetahui bahwa tubuh sudah berlebih mengonsumsi garam? Dikutip dari nova.id, berikut adalah tiga hal yang menandakan tubuh kelebihan garam:

1. Gampang haus
Sodium pada dasarnya memainkan peran utama dalam membantu tubuh menyeimbangkan cairan. Natrium yang ditemukan dalam garam membantu menjaga cairan di dalam sel tubuh.

Ketika Anda mengonsumsi makanan dengan tingkat garam yang melebihi batas, maka secara tidak disadar tubuh akan mengirimkan sinyal ke otak untuk minum dengan jumlah banyak.

2. Bengkak & kembung
Garam dapat menyerap air dalam tubuh. Bila natrium terlalu banyak mengambang di sekitar darah, maka air akan meninggalkan sel, dan hal itu akan menyebabkan pembengkakan dan kembung di daerah perut. Jika jari tangan dan kaki terlihat mulai membengkak, itu tandanya Anda sudah mengonsumsi garam dalam jumlah yang tidak wajar.

3. Sakit kepala
Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung garam dapat menyebabkan pembuluh darah di otak mengembang, dan hal itu bisa menyebabkan sakit kepala yang menyakitkan. ** Baca juga: Kebiasaan Sehari-hari yang Berpengaruh pada Kenaikan Berat Badan

Yuk, takar lagi porsi garam yang sebaiknya dikonsumsi agar tidak merugikan kesehatan.(ilj/bbs)