oleh

Mengapa Wanita Lebih Cepat Gemuk Dibanding Pria?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sudah menjadi rahasia umum jika wanita lebih mudah mengalami kegemukan dibanding pria. Padahal porsi makan kaum adam terbilang lebih banyak ketimbang wanita. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Neal Barnard, M.D., seorang ahli gizi dari Washington DC, dilansir dari viva.co.id, mengatakan bahwa wanita ternyata lebih banyak memiliki masa lemak pada tubuhnya dibandingkan pria. Selain itu, wanita mudah menimbun lemak di beberapa bagian tubuh tertentu yang sulit untuk dihilangkan.

Sementara menurut seorang professor dari University Montgimery, pria juga memiliki sistem metabolism tubuh yang lebih aktif dibandingkan wanita, karena massa otot pria lebih banyak dibandingkan wanita. Setiap setengah kilogram otot mampu membakar enam kalori, sedangkan setengah kilogram lemak hanya mampu membakar dua kalori.

Penyebab lain juga dipengaruhi oleh faktor hormon dan fisiologis. Hormon dan fisik pria lebih mudah menghilangkan bobot lemak dibandingkan wanita. Faktor emosi juga memengaruhi pola makan. Saat sedang emosi, wanita cenderung tidak memerhatikan asupan kalori ke dalam tubuhnya. Hal inilah yang menyebabkan bobot tubuh bertambah. ** Baca juga: Teknik Memasak yang Salah Bikin Kalori Naik

Untuk mengatasi masalah tubuh mudah gemuk, wanita disarankan agar lebih rutin berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru