oleh

Mengapa Usai Begadang Tidak Disarankan Mandi Pagi?

Kabar6-Banyak orang yang usai begadang langsung mandi pagi. Padahal, kebiasaan ini sangat tidak disarankan. Mengapa demikian? Lantas, apa hubungannya begadang dengan larangan mandi pagi?

Kondisi tubuh yang kurang fit akibat begadang bila langsung terguyur air dingin, melansir DetikHealth, bisa menimbulkan efek kejut pada saraf-saraf di dalam tubuh. “Apalagi jika suhu tubuhmu cukup panas karena tidak tidur dan berkegiatan semalam suntuk. Perubahan suhu yang ekstrem dan mendadak ini sangat berisiko tinggi bagi orang yang memiliki masalah jantung atau penyakit raynaud (gangguan aliran darah),” kata Dr Chris Bleakley dari Universitas Ulster, Irlandia.

Menurut Dr. Bleakley, meski suhu tubuh sudah turun dan menjadi cukup dingin untuk mandi, tetap saja ada risiko yang perlu dipertimbangkan. ** Baca juga: Penelitian: Dengarkan Musik Bantu Orang Cepat Selesaikan Pekerjaan

Pasalnya, suhu yang terlalu dingin bisa membuat arteri dan pembuluh darah mengalami penyempitan, sehingga pasokan darah dan oksigen ke jantung pun akan berkurang.

“Apabila ini terjadi, tekanan darah dan detak jantung akan naik secara tiba-tiba. Kondisi ini membuatmu berisiko mengalami nyeri dada, bahkan serangan jantung dan stroke,” tuturnya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru