oleh

Mengapa Terasa Mual Saat Mabuk Perjalanan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ketika melakukan perjalanan jauh entah itu melalui darat, laut, maupun udara, terkadang Anda sering mengalami mabuk perjalanan, sehingga menyebabkan muntah.

Menurut seorang ahli neuroscience, dikutip dari Aura, mabuk perjalanan disebabkan otak mengirimkan sinyal bahwa tubuh sedang mengalami keracunan. Akibatnya, timbul rasa mual karena tubuh menerjemahkan sinyal tersebut.

Otak mengalami kebingungan ketika Anda sedang berkendara sehingga mengirimkan sinyal yang berbeda-beda. Demikan dilansir laman Telegraph.

Dijelaskan, meskipun sedang duduk diam berkendara, mata mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sedang bergerak sehingga cairan yang menyeimbangkan sensor pada bagian telinga terguncang dan memicu timbulnya gerakan.

“Satu-satunya penyebab kesalahan sensor tersebut adalah adanya racun di dalam tubuh sehingga otak mengira bahwa tubuh sedang mengalami keracunan dan tubuh segera mereaksinya dengan mengeluarkan racun tersebut (muntah),” ujar ahli neuroscience, Dean Burnett.

Ditambahkan Dr Dean , kebiasaan membaca hanya akan memperparah kondisi mabuk selama perjalanan. Untuk mengatasi mabuk perjalanan, sebaiknya Anda melihat ke luar jendela dan fokus melihat pemandangan di sekitar. ** Baca juga: “Ganjal Perut” yang Justru Bikin Tambah Lapar

“Membaca memperparah kesalahan sensor dalam otak karena ketika membaca otak tidak memiliki informasi visual yang akan membuatnya melupakan rasa mabuk.” (ilj/bbs)

Berita Terbaru