oleh

Mengapa Sulit Tidur Nyenyak Saat Menginap di Rumah Orang Lain?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkah Anda merasa gelisah atau susah tidur ketika menginap di rumah teman, kerabat, atau saudara? Mengapa kondisi seperti ini sering terjadi?

Studi yang dilakukan Brown University, dilansir purewow.com, mengungkapkan bahwa sesaat setelah kepala rebah pada bantal di kamar yang asing bagi Anda, bagian kiri otak akan langsung merespons dengan sensasi terjaga yang lebih awas. Jadi adalah hal yang wajar jika Anda akan bangun hampir sepanjang malam.

Kondisi tersebut akan membuat Anda menjadi setengah terbangun dan tertidur hampir sepanjang waktu. Dikutip dari bintang.com, hal ini masih saja berlangsung meski otak kanan Anda memerintahkan untuk tetap tenang dan membiarkan diri tidur.

Beruntung asimetri otak tersebut biasanya hanya terjadi pada malam pertama. Artinya, Anda bisa tidur dengan usaha yang lebih sedikit dan lebih nyaman pada hari selanjutnya. Jadi, pastikan tolak ukur kenyaman tidur Anda terpenuhi sejak malam pertama. ** Baca juga: Tingkatkan Kekebalan Tubuh dengan Konsumsi Pisang

Anda disarankan untuk mengetahui siklus ini, terlebih jika sering bepergian ke luar kota, agar bisa melakukan antisipasi dengan berbagai cara.(ilj/bbs)

Berita Terbaru