Mengapa Sarapan dengan Roti Tawar Kurang Disarankan?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Agar lebih praktis, sebagian orang lebih memilih sarapan dengan mengonsumsi roti tawar. Namun tahukah Anda, para ahli kesehatan menekankan bahwa mengonsumsi roti tawar putih tidak baik untuk kesehatan tubuh? Mengapa sarapan dengan roti tawar kurang disarankan? Dilansir dari Healthmeup, berikut empat alasannya:

1. Tingkatkan kadar gula darah
Roti tawar terbuat dari biji-bijian yang mudah diserap selama proses pencernaan dalam tubuh. Hal ini cenderung menyebabkan lonjakan gula darah yang tajam. Roti tawar juga tinggi akan indeks glisemik yang membuat Anda rentan untuk terkena penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, dan obesitas.

2. Tidak mengandung nutrisi yang cukup
Selama proses produksinya, tepung yang digunakan untuk membuat roti tawar kehilangan vitamin B6, vitamin E, asam folat, seng, dan kromium. Jadi bisa dikatakan roti tawar biasa tidak mengandung nutrisi yang cukup.

3. Sulit dicerna
Roti tawar mengandung gluten yang membuatnya sulit untuk dicerna. Selain itu, roti tawar tidak mengandung enzim alami apapun yang dibutuhkan pankreas untuk memecah lemak, karbohidrat, dan protein.

4. Tepung putih tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan
Hal ini karena tepung putih yang menjadi bahan utama pembuat roti tawar sudah kehilangan nutrisi, sehingga tidak memiliki manfaat yang menyehatkan untuk tubuh Anda selain berfungsi sebagai pengganjal perut. ** Baca juga: Tidur Berlebihan Juga Tidak Baik untuk Kesehatan, Lho

Anda disarankan untuk mengganti roti tawar dengan roti gandum.(ilj/bbs)