oleh

Mengapa “Mata Panda” Muncul?

Kabar6-Mata panda atau mata berkantung (Inggris: puffy eyes) adalah lingkaran berwarna hitam yang muncul di bawah mata.

 

Lingkaran hitam muncul karena bengkak pada mata yang diakibatkan oleh beberapa faktor. Kulit di area mata memiliki lapisan yang amat tipis dibandingkan area lain pada wajah, dan strukturnya lebih kompleks. Hal itulah yang menyebabkan kulit di area mata lebih mudah membengkak.

 

Jadi, mengapa mata panda bisa muncul?

 

1. Kurang tidur

Waktu tidur yang tidak cukup mengakibatkan kulit di area sekitar mata kendur dan pucat, sehingga lingkaran mata pun semakin jelas terlihat.

 

2. Alergi

Bisa disebabkan karena alergi makanan, kosmetik, atau alergi lainnya yang dapat menimbulkan peradangan dan memperbesar pembuluh nadi kecil di area mata.

 

3. Faktor genetik

Saat tubuh mulai menua, kandungan kolagen dalam kulit semakin hilang dan menipis, yang membuat urat darah halus semakin jelas terlihat.

 

4. Kurang vitamin dan nutrisi

Vitamin sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kerja kelenjar adrenalin. Saat kelenjar tersebut kelelahan akibat stres, konsumsi kafein, gula, dan alkohol yang berlebihan, vitamin yang diserap pun jadi berkurang, sehingga mata panda pun tidak dapat dihindari.

 

5. Make up

Tidak rajin membersihkan make up menjelang tidur. Hal ini akan membuat kulit mengalami iritasi, dan cairan di sekitar area mata akan berkumpul, sehingga muncullah si mata panda.

 

6. Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan, sirkulasi darah dalam tubuh akan terhambat dan tidak berjalan dengan baik. Selain itu, membuat pembuluh darah semakin meluas dan bengkak. ** Baca juga: Efek Buruk Pemakaian Kutek

 

Jadi, hindari penyebab si mata panda, karena mata adalah jendela hati.(ilj/bbs)

Berita Terbaru