Mengapa Olahraga Lari di Luar Ruangan Lebih Sehat?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Karena keterbatasan waktu, terkadang orang lebih memilih lari menggunakan alat treadmill.

Ya, berlari di atas treadmill memang menawarkan beberapa kelebihan, seperti melindungi Anda dari sinar matahari, memungkinkan berlari sambil menonton acara favorit, bahkan menampilkan data metrik seperti denyut jantung, jumlah kalori terbakar, dan sebagainya.

Namun tahukah Anda ada beberapa manfaat yang tidak bisa didapatkan saat berlari di treadmill dan hanya bisa didapatkan jika berlari di luar ruangan? Dilansir tempo.co, ini dia alasan mengapa berlari di luar ruangan lebih sehat:

1. Pembentukan otot jadi lebih efektif
Saat Anda berlari di treadmill, kaki akan terbawa ke belakang bersama dengan ban yang berjalan.

Menurut ahli kekuatan dan pengkondisian, Pamela Geisel, gerakan tersebut seharusnya dilakukan oleh glute atau otot bokong sehingga pembentukan glute Anda tidak akan maksimal di treadmill.

Selain itu, berlari di ruangan terbuka dengan dikelilingi kondisi alam dapat meningkatkan kontrol serta keseimbangan neuromuskular.

2. Bakar lebih banyak kalori
Berlari di luar ruangan akan membakar lebih banyak energi. Menurut terapis fisik, Michael Silverman, dari Nrothern Westchester Hospital, berlari di luar membutuhkan banyak energi, seperti untuk melewati variasi jalur lari, melawan gerakan angina, dan melakukan variasi gerakan.

Bahkan, menurut studi dalam Journal of Sports, jika Anda ingin berlari di treadmill dengan efektivitas seperti di luar ruangan, Anda harus memiringkan permukaan treadmill sebesar satu persen.

3. Kurangi atau hindari cedera jangka panjang
Permukaan treadmill memang lebih rata dan halus dibandingkan jalur lari di luar ruangan, tetapi permukaan itu justru dapat meningkatkan risiko cedera jangka panjang, apalagi jika Anda tidak berlari dengan postur yang tepat.

Selain itu, permukaan tersebut tidak akan menstimulasi pertumbuhan tulang sebesar pertumbuhan tulang jika berlari di luar ruangan.

4. Tambah energi tubuh
Sebuah studi dari University of Exeter, Inggris, menemukan bahwa berlari di luar ruangan akan menambah energi Anda serta menurunkan tingkat tekanan, depresi, serta rasa marah.

Menurut Geisel, hal itu disebabkan karena variasi pemandangan, arah, serta perasaan bereksplorasi saat berlari.

5. Perbaikan mood
Menurut direktur sertifikasi nasional dari American College of Sports Medicine, Richard T. Cotton, Anda akan lebih tertarik berlari di luar ruangan ketimbang di treadmill.

Lari di luar ruangan akan memberikan efek senang pada diri Anda. Ditambahkan, hormon stres pun akan menurun jika Anda memilih untuk berlari di luar.

Selain itu, menurut sebuah studi, berjalan, berlari, maupun bersepeda di luar ruangan akan membuat mood Anda membaik. ** Baca juga: Kecanduan Game Dinilai Berada pada Level yang Sama Seperti Kecanduan Alkohol

Menarik, bukan? (ilj/bbs)