oleh

Mengapa Fosil Dinosaurus Ukuran Sedang Tak Pernah Ditemukan?

Kabar6-Ahli paleontologi telah mengetahui penyebab mengapa selama ini fosil dinosaurus pemakan daging berukuran sedang tidak pernah ditemukan.

Sebelumnya, ahli paleontologi telah menemukan dinosaurus raksasa dan dinosaurus wee. Namun sebuah studi baru menemukan bahwa ada kekurangan spesies dinosaurus karnivora berukuran sedang yang mencolok, terutama dari periode Cretacous (145,5 juta hingga 65,5 juta tahun lalu).

Para peneliti, melansir Livescience, menduga bahwa Megatheropoda yaitu dinosaurus pemakan daging terbesar seperti Tyrannosaurus rex dan Gorgosaurus, yang beratnya lebih dari 1.000 kilogram saat dewasa, adalah penyebabnya. “Ada kemungkinan Megatheropoda remaja (penyebabnya),” kata para peneliti.

“Megatheropoda remaja mungkin telah mengalahkan Dinosaurus berukuran sedang lainnya, mengakibatkan keragaman dinosaurus global menurun,” ungkap Katlin Schroeder, ketua peneliti studi yang juga seorang mahasiswa doktoral di Departemen Biologi di Universitas New Mexico.

Untuk menyelidiki misteri dinosaurus berukuran sedang, Schroeder dan rekan-rekannya masuk ke Paleobiology Database, sebuah sumber nirlaba untuk data paleontologi, dan mereka mengkategorikan lebih dari 550 spesies Dinosaurus sebagai kecil (10-100 kg), sedang (100-1.000 kg) atau besar (lebih dari 1.000 kg).

Dinosaurus ini hidup dalam 43 komunitas, kelompok yang hidup di waktu dan tempat yang sama, di tujuh benua selama periode Jurassic (201 juta hingga 145,5 juta lalu) dan periode Cretaceous. ** Baca juga: Pemerintah Serbia Berencana Beri Uang untuk Warganya yang Suntik Vaksin COVID-19 Sebelum Akhir Mei

Para peneliti menemukan, meskipun komunitas sering memiliki dinosaurus herbivora di setiap kategori ukuran, jarang ditemukan dinosaurus karnivora berukuran sedang di komunitas dengan Megatheropoda.

“Ada kemungkinan bahwa ‘celah’ itu disebabkan oleh remaja dari Megatheropoda besar itu, yang mungkin memakan makanan yang berbeda dari orangtua mereka, dan karena itu bersaing dengan karnivora berukuran sedang,” jelas Schroeder.

Tim menemukan celah Dinosaurus berukuran sedang lebih terlihat di Zaman Kapur daripada di Zaman Jura. Selama periode Cretaceous, Tyrannosaurus dan Abelisaur adalah raja, dan mereka juga terlihat sangat berbeda sebagai remaja daripada saat mereka dewasa, tidak seperti Megatheropoda dari Jurassic.(ilj/bbs)

Berita Terbaru