oleh

Mengapa Detoksifikasi Tubuh Penting?

Kabar6-Detoks atau proses membersihkan tubuh dari racun dapat dilakukan dengan berbagai cara. Minum jus buah atau sayur tanpa menambahkan gula selama satu atau dua hari, atau hanya memakan makanan mentah (misalnya buah-buahan atau sayuran) selama satu hari penuh merupakan cara-cara melakukan detoks.

Nah, mengapa detoks penting bagi tubuh? Melansir magforwomen, berikut uraiannya:

1. Agar tetap sehat
Proses detoksifikasi yang baik akan menyeimbangkan sistem tubuh Anda dan memastikannya tetap berjalan dengan baik.

2. Sistem pencernaan dapat beristirahat sejenak
Sistem pencernaan Anda bekerja seperti mesin, dan butuh beberapa waktu untuk beristirahat. Jangan membuat pencernaan Anda bekerja terlalu keras untuk memproses makanan yang masuk ke tubuh. Proses detoksifikasi akan membuat sistem pencernaan Anda beristirahat sejenak sehingga dapat bekerja lebih baik keesokan harinya.

3. Turunkan berat badan
Detoks merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Saat melakukan detoks, jumlah kalori yang masuk ke tubuh Anda akan berkurang drastis, begitu pula dengan jumlah lemak yang masuk. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih seimbang dan tetap sehat karena diet detoks.

4. Singkirkan toksin yang terakumulasi
Dengan banyaknya makanan yang sudah dimodifikasi seccara genetik dan minuman berkarbonasi yang masuk ke perut Anda, maka akan semakin banyak racun dan toksin yang menumpuk dalam tubuh. Dengan proses detoksifikasi yang baik, Anda akan mampu membuang semua jenis toksin tersebut dari tubuh.

5. Tidur cukup
Proses detoks akan membuat tubuh terasa lebih ringan sehingga akan membuat tidur lebih nyenyak. Perut Anda tidak akan bekerja terlalu berat dan juga tidak akan merasa ada masalah di pencernaan karena proses detoks yang Anda lakukan.

6. Kulit bersih & rambut sehat
Perut yang bersih dan saluran pencernaan yang baik akan terpancar dari kulit dan rambut Anda. Diet yang buruk akan membuat tampilan kulit dan rambut Anda juga buruk. Lakukanlah detoks dengan teratur untuk mendapatkan kulit dan rambut yang lebih indah.

7. Kesehatan emosional
Saat Anda dalam kondisi fisik yang baik, maka kondisi emosional Anda juga akan membaik. Proses detoksifikasi akan membuat tubuh Anda terasa lebih sehat dan ringan. Anda akan memiliki energi lebih untuk melakukan sesuatu dan dapat berpikir lebih jernih.

Memang disarankan untuk melakukan proses detoks setiap minggunya. Tetapi jika Anda terlalu sibuk atau tidak nyaman untuk melakukannya setiap minggu, paling tidak lakukanlah untuk melakukannya setiap dua minggu sekali atau satu bulan sekali. Dengan rutin melakukan detoks akan membuat tubuh dan pikiran Anda lebih sehat. ** Baca juga: Bisakah Makanan Pengaruhi Menstruasi?

Sudahkan Anda melakukan detoks pada tubuh? (ilj/bbs)

Berita Terbaru