Mengapa Cabai Rawit Hijau Jadi Makanan Super?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada berbagai makanan yang dapat disantap bersama dengan cabai rawit hijau. Selain menjadi lebih lezat, cabai rawit hijau membuat nafsu makan makin bertambah. Namun tahukah Anda bahwa cabai rawit hijau mengandung berbagai macam zat yang umum terdapat dalam suplemen kesehatan? Dikutip dari Aura, ini dia beberapa kandungan yang membuat cabai rawit hijau menjadi makanan super:

1. Vitamin A
Sekira 75 gram cabai rawit hijau mengandung sekira 884 vitamin A. Jumlah ini mencukupi sekira 30 persen kebutuhan harian vitamin A pada pria dewasa atau sekira 38 persen kebutuhan harian vitamin A pada wanita dewasa. Manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata dan mendukung daya tahan tubuh.

2. Vitamin C
Cabai rawit hijau mengandung vitamin C yang tinggi. Pada setiap 1/2 cangkir cabai rawit hijau (181,9 mg), dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak lebih dari 100 persen. Vitamin C berfungsi untuk memproduksi kolagen yang berguna untuk menyembuhkan luka, serta memperkuat tulang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang ada dalam cabai rawit hijau ini mencegah radikal bebas yang dapat merusak DNA.

3. Capsaicin
Semakin pedas cabai, semakin tinggi kadar capsaicin yang dikandungnya. Skala Scoville Heats Unit, lembaga yang mengukur kadar kepedasan dan capsaicin dalam cabai di seluruh dunia, menempatkan cabai rawit hijau pada angka 50 hingga 2.500 SHU. Sedangkan angka tertinggi skala SHU adalah 15 juta. Capsaicin untuk tubuh berguna menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Meski baru prediksi dan diperlukan penelitian lebih lanjut, kabar ini menggembirakan bagi pecinta makanan pedas. ** Baca juga: Pulihkan Energi dengan 7 Makanan Alami

Manfaat yang luar biasa, bukan?(ilj/bbs)