oleh

Mengapa Bisa Latah?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Latah adalah suatu keadaan fisik di mana penderita secara spontanitas mengeluarkan respon, berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh, terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan penderita.

Menurut psikolog Winzeler dan Robert L, kondisi fisik ini bisa timbul karena ada keinginan dan kebutuhan yang tidak terpenuhi, hingga dipendam di alam bawah sadar. Selain itu, orang bisa terkena penyakit tersebut karena berada di lingkungan yang latah juga.

Berikut adalah penyebab latah dilihat dari teori penyebab timbulnya penyakit tersebut, seperti dilansir dari perempuan.com:

1. Teori kecemasan
Penyakit tersebut datang karena penderita memiliki kecemasan terhadap sesuatu yang tanpa ia sadari masuk dalam alam bawah sadarnya. Orang yang mengidap penyakit ini biasanya adalah ayah atau ibu dan orang-orang yang menjadi tokoh otoriter.
   
2. Teori pengondisian
Seseorang bisa mengidap latah tersebut karena dikondisikan. Misalnya seseorang melakukan hal tersebut agar mendapatkan pehatian orang lain.
   
3. Teori pemberontakan
Penyakit tersebut timbul karena adanya gangguan tingkah laku, adanya dorongan atau obsesi yang tidak terkendali untuk melakukan hal-hal tertentu seperti ingin melakukan atau mengatakan sesuatu. ** Baca juga: Ini Alasan Orang Lebih Suka Makanan Asin & Gurih

Adakah di lingkungan Anda seseorang yang latah? (ilj/bbs)

Berita Terbaru