Mengapa BAB Jongkok Lebih Disarankan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Saat ini rumah tangga modern lebih banyak menggunakan model WC duduk, yang desainnya lebih bagus dan praktis. Sementara dari segi kesehatan disebutkan bahwa WC jongkok jauh lebih sehat dibandingkan WC duduk.

WC duduk, dikutip dari lifestyle.analisadaily.com, bisa sangat buruk bagi bagian dalam tubuh kita. Hal ini menyebabkan sejumlah masalah usus, seperti yang dilansir dari laman Times of India.

Naturopathic, pakar kesehatan holistik, sudah sejak lama menggemakan bahaya kesehatan dari toilet modern. Duduk di toilet lebih jauh bisa menyebabkan gangguan perut seperti kembung, wasir dan sembelit.

Usus kita bertugas mengeluarkan kotoran dalam tubuh baik dalam posisi jongkok ataupun duduk. Namun ketika jongkok, gravitasi datang memegang peranan mendorong paha yang perlahan-lahan menekan usus besar sehingga kotoran bisa gampang keluar.

Sementara saat kita duduk, katup usus besar terjepit sehingga sulit untuk mengeluarkan semua kotoran secara sempurna. ** Baca juga: Apa Arti Kondisi Kulit Wajah Anda?

Meskipun demikian, masih banyak ahli kesehatan merasa tidak ada bukti yang sah untuk menjelaskan posisi duduk bisa berbahaya bagi kesehatan. Mereka percaya duduk tidak memiliki sensasi yang berbeda dari posisi jongkok saat BAB.

Namun kemungkinan masih bisa terjadi, mungkin saja orang yang terbiasa duduk kembali ke posisi jongkok lagi karena orang yang biasa jongkok pun akhirnya bisa menggunakan toilet duduk.(ilj/bbs)