oleh

Mengapa Anda Sering Mengalami Bau Badan?

Kabar6-Satu hal yang sering membuat orang menjadi kurang percaya diri adalah masalah bau badan. Terlebih apabila Anda sering bertemu banyak orang karena tuntutan pekerjaan.

Sebuah penelitian yang dilakukan University of York, melansir dreamers, menemukan bahwa BO enzyme atau enzim bau badan yang dihasilkan bakteri Staphylococcus hominis dapat menimbulkan bau tidak sedap. Michele Rudden dari Department of Biology, University of York mengatakan, dengan memecahkan struktur enzim, peneliti bisa menentukan langkah molekuler terkait bakteri penghasil molekul bau.

“Ini adalah kunci kemajuan dalam memahami bagaimana bau tubuh bekerja, dan akan memungkinkan pengembangan inhibitor yang ditargetkan untuk menghentikan produksi bau badan pada sumbernya tanpa mengganggu mikrobioma ketiak, jelas Rudden.

Penyebab bau badan disebabkan karena bakteri menghasilkan enzim yang kemudian menempel pada senyawa tidak berbau yang berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar tersebut berada di kulit, dan menghasilkan keringat serta membuka ke folikel rambut.

Kelenjar apokrin hanya ditemukan di ketiak, sekitar puting susu dan area genitalia luar. Jadi, tidak heran jika bau badan kerap muncul di daerah-daerah tersebut. ** Baca juga: Berapa Lama Nikotin Bertahan dalam Tubuh?

Menurut para ilmuwan, bakteri hidup di sana dan mikrobiota ini penting untuk menjalankan fungsinya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru