oleh

Mengapa Alami Sakit Kepala Usai Makan?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika sebagian orang mengantuk atau merasa lemas usai makan, maka tidak sedikit pula yang justru mengalami sakit kepala seperti ditusuk-jarum.

Pernahkah Anda mengalami kondisi seperti ini? Mengapa hal ini bisa terjadi? Dikutip dari Hello Sehat, berikut lima kemungkinan mengapa sering sakit kepala usai makan:

1. Gula darah rendah
Anda mungkin mengalami hipoglikemia reaktif. Hipoglikemia adalah kondisi di mana kadar gula (glukosa) dalam darah menurun secara drastis. Untuk mencegah hipoglikemia sesudah makan, hindari atau batasi makanan yang kadar gula atau karbohidratnya terlalu tinggi, karena bisa mendorong pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin lagi.

2. Migrain
Migrain bisa dipicu oleh jenis-jenis makanan dan minuman tertentu seperti tiramin, yaitu zat yang terdapat pada yoghurt, keju, dan krim asam. Selain itu, makanan seperti ati ayam, kecap, daging yang sudah diawetkan, dan jeruk juga bisa menjadi penyebab migrain kumat.

3. Hipertensi
Sakit kepala setelah makan bisa jadi gejala tekanan darah tinggi (hipertensi). Jika makanan yang dikonsumsi memiliki kadar sodium sangat tinggi, tekanan darah Anda mungkin jadi meningkat. Sodium yang biasanya banyak didapatkan dari garam.

4. Reaksi alergi
Sakit kepala setelah makan bisa jadi salah satu reaksi alergi terhadap makanan atau zat tertentu, yang menyebabkan tubuh memproduksi histamin, yaitu senyawa yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Histamin akan bereaksi secara berlebihan dan menyebabkan kulit gatal, mual, bersin-bersin, atau sakit kepala. ** Baca juga: Sering Konsumsi Burger Bisa Bikin Aroma Mulut Tak Sedap

Jadi jangan lalai untuk lebih memperhatikan lagi makanan yang akan disantap.(ilj/bbs)

Berita Terbaru