oleh

‘Menebus’ Waktu Tidur yang Kurang Tidak Disarankan?

Kabar6-Seringkali karena kurang tidur, Anda berencana untuk ‘menebus’ waktu tidur tadi di akhir pekan. Namun, benarkah waktu tidur yang kurang selama hari kerja dapat Anda tebus di akhir pekan?

Menurut para ahli, melansir womenshealthmag, rencana Anda itu justru dapat lebih berbahaya bagi kesehatan tubuh. Alasannya, mencoba menebus waktu tidur yang kurang di akhir pekan justru akan mengganggu ”am tubuh” Anda. Perubahan ini malah akan membuat Anda merasa lebih lelah dan mudah marah, bahkan membuat tubuh menjadi lebih stres.

Bila hal ini terus berlangsung, maka Anda akhirnya terpaksa harus tidur siang atau mengonsumsi minuman berkafein agar mampu melewati hari-hari Anda, yang sayangnya akan semakin membuat jam tubuh ‘kebingungan’ perihal kapan sebenarnya tubuh Anda harus tidur.

Jika hal ini terus berlangsung, maka Anda pun akan mengalami gangguan tidur seperti insomnia. Kurang tidur tidak hanya akan membuat Anda mudah marah, tetapi juga akan berdampak buruk pada otak. Waktu tidur kurang dari delapan jam akan membuat kemampuan berpikir menjadi lebih lambat, dan membuat Anda lebih sulit memproses informasi baru keesokkan harinya.

Hal ini karena salah satu manfaat dari tidur yang cukup adalah membuang semua ‘kotoran’ dalam pikiran Anda setiap hari, sehingga pikiran pun akan menjadi lebih jernih saat bangun di pagi hari.

Kurang tidur juga membuat Anda akan mengalami gangguan daya ingat atau mudah lupa. Lantas, apa yang harus dilakukan? Sebenarnya, Anda tidak perlu menebus waktu tidur yang kurang, karena tubuh telah memiliki ‘jam’ sendiri. Hal yang perlu dilakukan adalah bangun pada waktu yang sama setiap hari.

Jadi, Anda tidak perlu bangun siang di akhir pekan untuk mengganti waktu tidur yang kurang beberapa hari sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, jam tubuh Anda pun akan kembali normal, dan tubuh terasa lebih segar. ** Baca juga: Tidak Sembarangan, Begini Cara Cuci Masker Kain yang Tepat

Apa yang terjadi bila Anda ingin tetap bangun siang di akhir pekan dan kurang tidur di hari kerja? Tubuh akan terus berusaha untuk menebus waktu tidur Anda yang kurang, yang sebenarnya justru akan membuat jam tubuh semakin kaca balau. Hal ini karena tubuh sebenarnya tidak bisa menebus waktu tidur Anda yang kurang, apalagi bila ‘utang’ tidur yang Anda miliki sangat besar.

Jadi, ‘dengarkanlah’ tubuh Anda dan jadikan waktu tidur sebagai prioritas bila Anda ingin agar tubuh tetap sehat, sehingga Anda pun dapat melakukan berbagai aktivitas harian dengan baik.(ilj/bbs)

Berita Terbaru