oleh

Mendatang, Pemerintah Kanada Larang Warga di Bawah Usia 21 Tahun Merokok

Kabar6-Sebuah kebijakan tengah dipertimbangkan pemerintah Kanada untuk mengurangi prevalensi perokok usia muda dan tentunya untuk melindungi generasi muda dari bahaya merokok.

Ya, pemerintah Kanada berencana menaikkan batas usia perokok menjadi 21 tahun. Kebijakan itu, melansir Kompas, juga untuk mendukung target Kanada menurunkan angka perokok sebesar lima persen pada 2035 mendatang. Upaya yang mendapat apresiasi dari sejumlah ahli kesehatan ini juga berencana mengatur larangan merokok di kondominium atau bangunan apartemen, di kampus, hingga taman umun.

Di banyak negara, batas usia perokok adalah 18 tahun. Namun kenyataannya, banyak remaja di bawah usia 18 tahun yang sudah merokok. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2013, prevalensi anak usia 5-9 tahun yang mulai merokok sebesar 1,6 persen dan anak usia 10-14 tahun sebesar 18 persen. Mereka dengan mudah mendapatkan rokok meski sudah ada larangan menjual rokok ke anak-anak.

Ilmuwan dari Kanada mengungkapkan, melarang warga mulai merokok pada usia 21 tahun dapat menurunkan angka penyakit yang terkait rokok seperti jantung, stroke, dan kanker.

Deborah Arnott, Chief Executive dari lembaga Action on Smoking and Health mengatakan, menaikkan batas usia perokok juga upaya untuk mencegah seseorang menjadi perokok berat. ** Baca juga: Ilmuwan AS Kumpulkan Ribuan Foto Kotoran Manusia untuk Kebutuhan Medis

Hal ini karena sebuah penelitian menunjukkan, mereka yang perokok berat ternyata sudah merokok sebelum usia 21 tahun. Bila merokok di atas usia 21 tahun, maka lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami kecanduan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru