oleh

Mendadak Tajir, Nelayan di Thailand Temukan Mutiara Termahal di Dunia

Kabar6-Seorang nelayan di Thailand bernama Hatchai Niyomdecha tidak pernah menyangka akan ketiban rezeki nomplok. Secara tak sengaja, Hatchai menemukan mutiara melo di dalam tiram. Mutiara berwarna oranye ini disebut-sebut sebagai mutiara termahal di dunia.

Berawal ketika Hatchai yang tengah berada di pesisir pantai, Provinsi Nakhon Si Thammarat, melihat sebuah bola pelampung yang permukaannya ditempeli tiga tiram.

Karena penasaran, melansir Dailymail, Hatchai kemudian memanggil saudaranya yang bernama Worachat Niyomdecha, untuk membantu mengambil tiram yang melekat pada bola pelampung, sekaligus membawanya pulang. Setelah dibersihkan, ternyata di dalam tiram terdapat mutiara oranye yang dikenal dengan sebutan mutiara melo.

Setelah dicek, mutiara cantik ini memiliki berat 7,68 gram. Dan siapa sangka, mutiara tersebut ternyata bernilai sekira Rp4,8 miliar. Sebelumnya, Hatchai mengaku sempat bermimpi aneh sebelum akhirnya menemukan mutiara ini.

Pria yang dikenal sebagai nelayan miskin ini menyebut ada seorang pria tua berpakaian serba putih yang mendatanginya. Pria tua dalam mimpinya ini meminta Hatchai datang ke pantai untuk mengambil hadiah.

Hatchai percaya, pria tua dalam mimpinya ini adalah dewa yang ingin mengubah nasibnya agar terbebas dari kemiskinan dan memiliki hidup lebih baik. ** Baca juga: Wow, PS5 Bikinan Rusia Ini Berlapis 20 Kg Emas

“Saya ingin mempromosikan mutiara dengan nilai terbaik. Uang tunai tidak hanya akan mengubah hidup saya, tetapi juga harus mengubah masa depan saya. Seluruh keluarga saya bisa memiliki kehidupan yang lebih baik,” kata Hatchai.

Pria itu pun berniat menjual mutiara melo ini untuk membantu perekonomian keluarganya. Hingga saat ini sudah ada tiga kolektor barang langka yang menemuinya dan berniat membeli mutiara tersebut.

Diketahui, mutiara melo adalah permata alami yang dihasilkan oleh spesies tiram laut besar, umumnya dikenal sebagai Melo Melo. Warna mutiara ini bervariasi, ada yang jingga, kuning atau cokelat, tetapi mutiara warna jingga terang memiliki harga paling mahal.

Mutiara melo tidak dapat dibudidayakan seperti mutiara lainnya, dan hal inilah yang membuat mutiara tersebut langka. Mutiara melo bisa ditemukan di Laut Cina Selatan, di perairan dangkal di lepas pantai Vietnam, Thailand, dan Myanmar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru