oleh

Mencuci Muka, Hindari Kesalahan Ini

Kabar6-Agar wajah senantiasa sehat serta cerah, kita pun harus rajin membersihkannya. Namun dalam beberapa kasus, mencuci wajah justru dapat menimbulkan masalah seperti kulit kering, berminyak atau iritasi.

 

Bagaimana meminimalisir masalah tersebut? Ini beberapa hal yang harus dihindari saat mencuci wajah:

 

1. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah tidak mencuci tangan sebelum membersihkan wajah. Akibatnya, sabun cuci muka akan bercampur dengan kotoran/bakteri yang masih tersisa pada tangan kotor, yang pada akhirnya akan berpindah ke wajah.

 

2. Tidak jarang Anda salah memilih pembersih wajah, sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi kering bahkan iritasi.

 

Jadi, pilihlah sabun muka yang memang cocok untuk jenis kulit wajah, dan disarankan untuk menggunakan pembersih muka berbentuk krim dan mengandung pelembab yang tinggi.

 

3. Terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulit, karena akan menjadi kering dan iritasi. Cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari, atau cukup sekali sehari untuk jenis kulit kering.

 

4. Kurang bersih saat membilas wajah, sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit

 

5. Saat membersihkan wajah, jangan menggunakan air yang terlalu dingin, karena dapat merusak pembuluh darah pada wajah. Sebaliknya jangan pula terlalu panas karena akan menyebabkan kulit kering.

 

6. Hindari mengeringkan/menggosok wajah menggunakan handuk, untuk meminimalisir iritasi, keriput dan wajah kehilangan elastisitas karena tertarik oleh handuk. Cara terbaik adalah dengan menepuk-nepuk secara lembut menggunakan handuk khusus wajah.

 

7. Usai mencuci wajah, tidak langsung menggunakan pelembab, sehingga membuat wajah cepat kering. ** Baca juga: Hati-hati Simpan Bahan Makanan Ini

 

8. Menghindari pembersih wajah yang mengandung minyak. Padahal, pembersih jenis ini dapat memberi nutrisi yang baik bagi kulit wajah.

 

9. Jangan terburu-buru membilas wajah. Sebaiknya biarkan sebentar, sekitar satu menit, hingga sabun pembersih wajah tersebut benar-benar mengangkat semua kotoran dan bakteri pada wajah.

 

Tidak sulit khan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru