oleh

Mencekam, Kondisi 4 Makam Para Penyihir Terkenal Saat Dibongkar

Kabar6-Sejak dulu, terutama pada zaman kuno hingga abad pertengahan, masyarakat Eropa sangat mempercayai keberadaan para penyihir, yang diyakini dapat menciptakan musibah besar bagi masyarakat sekitar. Mulai dari munculnya wabah penyakit hingga kematian yang tidak jelas penyebabnya.

Karena itulah tidak heran apabila para penyihir menjadi sosok yang dibenci, bahkan dan diburu untuk kemudian dihukum mati. Namun setelah dihukum mati, masyarakat ternyata masih dicekam rasa takut. Untuk itu, mereka memperlakukan mayat para penyihir secara khusus, agar kelak tidak bisa bangkit dari alam kuburnya.

Ya, meski sang penyihir telah mati, masyarakat yakin jasad mereka dapat hidup kembali, dan pada akhirnya akan membalas dendam melalui berbagai mantra yang diucapkan.

Dalam studinya, para peneliti sering menemukan fosil atau kerangka yang diduga penyihir, dengan kondisi yang sangat mengenaskan. Melansir beberapa sumber, berikut kondisi empat makan yang diduga milik para penyihir:

1. Penyihir Tuscany
Sebuah makam yang diperkirakan telah berusia 800 tahun ditemukan di Tuscan, Italia bagian tengah. Menurut para arkeolog, semua orang dikuburkan di tempat tersebut adalah penyihir, karena ditemukan dadu yang menjadi benda terlarang dan identik dengan praktik sihir pada zaman itu.

Para arkeolog juga menemukan tengkorak dari dua orang wanita dengan belasan paku yang tertancap di area rahangnya. Tidak diketahui alasan pasti dari tindakan tersebut.

Namun para ahli menduga, paku itu ditancapkan agar penyihir yang dikuburkan tidak bisa membaca kutukan ketika dirinya bangkit dari kematian.

2. Rita dari Rollright
Di wilayah Warwickshire, Inggris, terdapat susunan batu berbentuk aneh yang dikenal dengan sebutan batu Rollright. Berdasarkan cerita rakyat setempat, batu-batu tersebut aslinya adalah raja Inggris dan para pengikutnya yang dikutuk menjadi batu oleh seorang penyihir jahat.

Pada 2015, tim arkeolog melakukan penggalian di dekat batu itu, dan menemukan tulang belulang yang berasal dari mayat seorang perempuan bernama Rita, berusia kurang lebih 1.400 tahun. Fosilnya ditemukan bersama dengan bejana perak, batu akik ametis, dan kalung kuning.

Benda-benda tersebut mengindikasikan, semasa hidup Rita mungkin berstatus sebagai pendeta wanita dari suku Saxon. Sejumlah orang lantas berspekulasi kalau Rita adalah sosok penyihir yang sering disebut dalam dongeng batu Rollright.

3. Vampir Venezia
Sejak abad ke-16 telah berdiri deretan makam aneh di Kota Venezia, Italia. Hal yang aneh, ditemukan sebuah fosil seorang wanita dengan batu yang dijepitkan di antara rahangnya pada 2006 lalu.

Fosil yang ditemukan itu ternyata merupakan hal yang lazim terjadi pada abad pertengahan. Masyarakat Eropa pada abad tersebut melakukan hal yang demikian untuk mencegah terjadinya penyakit supernatural. Selain fosil wanita itu, para arkeolog juga menemukan fosil dari korban-korban wabah penyakit maut hitam alias black death.

Para ahli berpendapat, wanita yang dikuburkan dengan cara aneh tersebut mungkin telah berusia 40 tahun. Nah, pada abad pertengahan, hidup hingga usia lebih dari 40 tahun adalah sesuatu yang tidak lazim.

Akibatnya, penduduk sekitar menuduh wanita itu sebagai penyihir dan menggunakan ilmu hitamnya guna memperpanjang umurnya sendiri.

4. Dukun Natufia
Para arkeolog menemukan fosil perempuan berusia 12 ribu tahun ketika melakukan penggalian di wilayah Israel Utara, yang diperkirakan berasal dari peradaban kuno Natufia. Semasa hidupnya, perempuan tersebut diyakini berprofesi sebagai seorang dukun.

Dugaan itu berdasarkan pada penemuan 50 cangkang kura-kura berbentuk utuh, tulang pinggul macan tutul, ujung sayap elang emas, ekor sapi, sepasang tengkorak burung marten, kaki depan babi hutan, serta kaki manusia.

Ketika ditemukan, makam wanita tersebut ditindih dengan 10 bongkahan batu besar. Sebagian berpendapat, batu itu diletakan untuk mencegah agar makam dimasuki hewan liar.

Namun, ada pula yang berpendapat jika batu tersebut dimaksudkan agar arwah sang penyihir terjebak selama-lamanya di dalam liang lahat. ** Baca juga: Gila, Sebanyak 1.500 Kura-kura Langka Diselundupkan dalam 4 Koper di Bandara Filipina

Mengerikan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru