Menakjubkan, Berlian Ini Terbuat Dari Abu Jasad Manusia

Life Gem.(bbs)
Life Gem.(bbs)
Life Gem.(bbs)
Life Gem.(bbs)

Kabar6-Berlian adalah intan yang telah diolah melalui proses penggosokan dan dibentuk sesuai dengan kaidah-kaidah pemotongan (cutting), serta siap untuk dijadikan perhiasan kalung, gelang, cincin, bross, dan lain-lain.

Namun berlian yang satu ini sepertinya berbeda dari berlian yang pernah ada. Ya, Life Gem adalah berlian manusia yang diproduksi perusahaan bernama Algordanza, di Swiss Timur. Asal Anda tahu, berlian ini berasal dari abu jasad manusia.

Dalam setiap promonya, dikutip dari beritaunik.net, dikatakan jika pembuatan Life Gem amat berguna terutama bagi orang yang pindah jauh dari rumah, orang yang suka bepergian jauh, dan pemeliharaan tempat pemakaman menjadi sulit.

“500 gram abu cukup untuk membuat berlian, sedangkan tubuh manusia meninggalkan kurang lebih 2,5 – 3,0 kg abu,” terang Willy, salah satu karyawan Algordanza.

Untuk biaya pembuatannya, berkisar antara 4,500–16,700 Euro dan ini masuk dalam kategori murah. Pasalnya, biaya pemakaman di Eropa bisa mencapai 4,400–17,000 Euro.

Setiap bulannya, perusahaan ini menerima 40–50 pesanan dari segala penjuru dunia, dari daratan Eropa hingga Asia.

Di laboratorium perusahaan, sekitar 15 mesin bekerja tanpa henti di bawah pengawasan para karyawan yang memakai kacamata pelindung yang bekerja di belakang garis kuning dan garis hitam yang tidak boleh dilewati oleh pengunjung sebagai penghormatan bagi almarhum.

Pertama-tama, potassium dan kalsium yang merupakan 85 persen abu manusia, dipisahkan dari karbon. Kemudian karbon akan dipanaskan dengan suhu dan tekanan tinggi, sekitar 1.700°C, proses yang mengompres abu menjadi grafit, yaitu alotrop karbon.

Tekanan dan panas pada grafit akan mengubah grafit menjadi berlian alotrop karbon yang terkeras. Keseluruhan proses ini memakan waktu 6-8 minggu, jauh lebih cepat daripada waktu yang diperlukan untuk pembentukan berlian alami yang memakan waktu ribuan tahun.

“Setiap berlian yang dihasilkan sangat unik. Warnanya bervariasi dari biru gelap hampir ke putih. Ini adalah refleksi dari kepribadian,” ujar Willy.

Algordanza yang berdiri sejak 2004, kini telah diperluas ke 20 negara, termasuk enam di luar Eropa, dan mempekerjakan sekitar 100 orang. ** Baca juga: Hii..Ini Lima Stasiun Paling Menyeramkan di Dunia

Menurutnya, permintaan tertinggi datang dari Jepang dan Tiongkok, yang mengirim antara dua sampai empat pesanan per hari. Wow…(ilj/bbs)