oleh

Meksiko Disebut Punya Jam Kerja Terlama di Dunia pada 2021

Kabar6-Tiap negara di belahan dunia ini memiliki jam kerja yang berbeda. Selain peraturan dari pemerintah setempat yang tertuang dalam undang-undang ketenagakerjaan, hal itu juga tergantung dari kebijakan perusahaan tempat karyawan bekerja.

Nah, menurut laporan dari Sleepseeker, Meksiko merupakan negara dengan jam kerja terpanjang di dunia. Para pekerja di Meksiko, melansir Databoks, bekerja hingga 2.255 jam per tahun atau setara dengan 8,67 jam per hari. Jam kerja di Meksiko umumnya dimulai sekira pukul 08.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Sementara Singapura menempati urutan kedua, negara dengan jam kerja terpanjang. Penduduk Singapura menghabiskan waktu untuk bekerja selama 2.238 jam per tahun atau 8,6 jam per hari.

Selanjutnya, penduduk Tiongkok memiliki waktu bekerja selama 2.174 jam per tahun atau 8,36 jam per hari. Sedangkan penduduk Amerika tercatat memiliki lama waktu bekerja 1.757 jam per tahun atau setara dengan 6,76 jam per hari. Adapun, penduduk di Selandia Baru menghabiskan waktu bekerja selama 1.752 jam per tahun atau 6,74 jam per hari.

Diketahui, jam kerja yang panjang akan memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jam kerja yang terlalu panjang menyebabkan 745 ribu kematian akibat stroke dan penyakit jantung pada 2016 lalu.(ilj/bbs)