oleh

Megah, Penampakan Stasiun Kereta Api Chhatrapati Shivaji yang Bak Kastil

Chhatrapati Shivaji Terminus.(whatsmovingindia.com)
Chhatrapati Shivaji Terminus.(whatsmovingindia)

Kabar6-India yang biasanya identik dengan bangunan mirip kuil, ternyata juga memiliki stasiun kereta megah bak kastil di Eropa. Bangunan yang terletak di Kota Mumbai itu bernama Stasiun Chhatrapati Shivaji.

Stasiun yang sudah berumur lebih dari satu abad ini awalnya bernama Victoria Terminus. Kemudian pada Maret 1996, berganti nama menjadi Chhatrapati Shivaji Terminus (CST), untuk mengenang jasa pahlawan nasional India, Chhatrapati Shivaji.

Stasiun yang sudah ada sejak 1888 ini, dikutip dari Detik, merupakan bangunan bersejarah, dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO, sejak 2 Juli 2004.

Kesibukan dalam stasiun.(mygola.com)
Kesibukan dalam stasiun.(mygola.com)

CST merupakan contoh luar biasa dari arsitektur kereta api abad ke-19 di zaman persemakmuran Inggris, yang memiliki 18 peron. Enam Peron adalah jalur untuk tujuan lokal, sedangkan 12 jalur untuk kereta jarak jauh.

Bangunannya yang mirip kastil di Eropa ini ternyata mengambil konsep bangunan Victoria Gothik. CST dibangun oleh Frederick William Stevens, seorang arsitektur asal Inggris, yang menambahkan ornamen ala Victoria. ** Baca juga: Yihaa…2018 Sudah Bisa Wisata ke Bulan

Pada pintu masuk terdapat gerbang yang diapit oleh patung singa dan harimau, mewakili Inggris dan India. Struktur utama bangunan terbuat dari batu pasir dan batu kapur, sedangkan interior stasiun dilapisi dengan marmer Italia berkualitas tinggi.

Ya, kemegahan Stasiun Chhatrapati Shivaji Terminus memang menjadi simbol Kota Mumbai.(ilj/bbs)

Berita Terbaru