oleh

Meeting Online Secara Berlebihan Berdampak pada Kesehatan Mental?

Kabar6-Selama pandemi COVID-19 banyak karyawan yang menjalankan work from home, termasuk juga mengadakan meeting dari rumah yang dilakukan secara online, lewat aplikasi video conference baik pada ponsel ataupun laptop.

Bagian wajah yang berada pada layar, mau tak mau menjadi pusat perhatian saat sedang melakukan meeting online. Bagi sebagian peserta, hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman saat melihat wajah mereka pada layar. Bahkan, melakukan meeting online secara tak langsung bisa memengaruhi cara seseorang melihat dan mengkritik diri sendiri.

Meeting online, melansir Dreamers, bisa berdampak bagi kesehatan mental dan citra tubuh seseorang ketika digunakan secara berlebihan. “Sungguh melelahkan untuk merasa seperti kita harus berusaha lebih keras untuk hadir secara mental dalam pertemuan di mana kita tidak secara fisik tidak melakukannya. Rapat yang diadakan secara online meningkatkan beban kognitif karena menuntut banyak kapasitas dan upaya sadar,” ungkap Dr Martina Paglia, psikolog di The International Psychology Clinic.

Selama meeting online, Anda harus menjaga momentum agar dapat berjalan baik tanpa ada gangguan ataupun kegagalan teknologi yang membuat energi semakin terkuras.

“Pertemuan tatap muka adalah mekanisme penting untuk komunikasi dan menjaga lingkungan yang sehat. Ini cara yang bagus untuk memperkenalkan perasaan, emosi, sikap, gerak tubuh, dan postur kita secara non-verbal. Namun pada rapat virtual, kami perlu melakukan lebih banyak upaya untuk tetap aktif,” terang Dr. Paglia.

Jika mengalami hal ini dan dibiarkan, maka penggunaan media sosial dan platform konferensi yang berlebihan dapat merusak tingkat produktivitas, kehilangan fokus, dan menurunkan mood. ** Baca juga: Kenali Tanda Tubuh Kurang Olahraga

Studi yang mempelajari hubungan antara penggunaan media sosial dengan perasaan depresi dan kesepian menunjukkan, penggunaan platform sosial yang lebih sedikit dapat sangat meningkatkan harga diri dan kesejahteraan seseorang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru