oleh

Medali Olimpiade Tokyo 2020 Mendatang Terbuat dari Ponsel Tua

Kabar6-Jepang memang identik dengan inovasi di segala hal. Salah satunya, Negeri Matahari Terbit ini melakukan sebuah terobosan unik dengan membuat medali olimpiade dari berbagai gawai tua yang tak terpakai.

Pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, melansir travelerstoday, masih berupaya mengumpulkan beragam gawai usang sebagai bahan untuk membuat medali Olimpiade dan Paralimpiade. Upaya pengumpulan gawai usang ini akan terus berlangsung sampai Maret nanti. Salah satu jenis gawai yang dikumpulkan adalah ponsel pintar maupun ponsel tua yang tak terpakai lagi. Beberapa jenis gawai lain yang turut dikumpulkan adalah kamera digital hingga stick game dan laptop tua.

Gawai-gawai usang ini akan digunakan untuk membuat medali emas, perak dan perunggu dalam ajang Olimpiade dan Paralimpiade yang akan digelar di Jepang pada 2020 mendatang.
Target yang ingin dicapai adalah mengumpulkan 30,3 kilogram emas, 4.100 kilogram perak dan 2.700 kilogram tembaga. Pihak penyelenggara meyakini target ini akan tercapai pada 31 Maret nanti.

Diketahui, proyek pengumpulan alat elektronik tak terpakai ini sudah dimulai sejak 2017 lalu. Pihak penyelenggara mengumpulkan gawai atau alat elektronik tak terpakai ini dari masyarakat, kalangan bisnis hingga industri.

Menurut laporan BBC, target pengumpulan perunggu telah tercapai pada Juni 2018. Sedangkan target pengumpulan emas sudah tercapai 90 persen dan target pengumpulan perak sudah tercapai 85 persen per Oktober lalu. Per November 2018, pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mencatat ada 47.488 ton gawai tak terpakai yang berhasil dikumpulkan.

“Diperikrakan sisa logam yang dibutuhkan untuk membuat semua medali Olimpiade dan Paralimpiade bisa diambil dari gawai-gawai yang telah didonasikan,” demikian keterangan dari pihak penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 dalam sebuah pernyataan seperti dilansir BBC.

Namun hingga saat ini desain medali untuk Olimpiade dan Paralimpiade di Jepang belum diketahui. Hanya saja desain medali Olimpiade dan Paralimpiade di Jepang akan segera ditunjukkan ke muka publik pada akhir tahun ini. ** Baca juga: Aguilar Punya Tangan yang Terbuat dari Potongan Lego

Diketahui, Tokyo akan menjadi tuan rumah dari ajang pertandingan olahraga Olimpiade yang ke-XXXII pada 2020, yang menurut rencana akan digelar dari 24 Juli hingga 9 Agustus 2020.(ilj/bbs)

Berita Terbaru