oleh

MD KAHMI Lebak Sukses Gelar Sekolah Pemilu, Angkatan Kedua Dibuka Akhir Tahun 2021

Kabar6-Majelis Daerah (MD) Korps Alumni HMI (KAHMI) Kabupaten Lebak telah sukses menyelenggarakan Sekolah Pemilu. Dijadwalkan, program yang sama untuk angkatan kedua akan kembali dibuka pada akhir tahun 2021.

Presidium MD KAHMI Lebak Mastur Huda mengatakan, para peserta yang merupakan alumni HMI dan kader Muhammadiyah telah mengikuti Sekolah Pemilu selama kurang lebih tiga bulan

“Alhamdulilah, MD KAHMI Lebak telah berhasil menuntaskan program sekolah pemilu angkatan pertama. Tujuan Sekolah Pemilu agar peserta memiliki wawasan luas mengenai demokrasi elektoral,” kata Mastur, Minggu (5/9/2021).

Para peserta yang lulus akan menjadi agen dalam mendorong demokrasi cerdas untuk pemilu berkualitas. Jadi, peserta bisa terjun ke dunia politik menjadi peserta maupun penyelenggara pemilu.

“Demokrasi Indonesia terus mengalami kemajuan. Karena itu, kami ingin memberikan kontribusi dalam menciptakan demokrasi substansial. Bukan demokrasi prosedural,” terang Mastur.

Pada angkatan kedua, ujar dia, manajemen akan melakukan screening peserta mengingat peminat program tersebut yang cukup banyak. Hanya orang-orang yang bersungguh-sungguh dan memiliki komitmen dalam menyukseskan program tersebut yang bisa lolos menjadi peserta angkatan kedua.

“Kami akan lebih selektif. Bahkan, penilaian terhadap peserta akan lebih ketat. Karena kami ingin lulusan sekolah pemilu memiliki pengetahuan terbaik dalam urusan demokrasi elektoral,” jelasnya.

Narasumber Sekolah Pemilu yang juga anggota KPU Banten Agus Sutisna mengapresiasi komitmen MD KAHMI Lebak dalam melaksanakan program tersebht. Kursus kepemiluan selama tiga bulan diyakini dapat meningkatkan pengetahuan peserta dalam urusan pemilu.

**Baca juga: Aktivis Perempuan Kecam Dugaan Kekerasan oleh Oknum Anggota DPRD Lebak

“Dalam rezim demokrasi elektoral, semua elemen harus ikut mendukung dalam penciptaan demokrasi substansial. Karena itu, saya apresiasi teman-teman di KAHMI Lebak yang mau melaksanakan kegiatan ini,” katanya.(Nda)