oleh

May Day, 2000 Buruh Tangsel Turun ke Jalan

Kabar6-Kalangan buruh di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kiranya tak ingin melewatkan momentum peringatan Hari Buruh Internasional pada 1 Mei besok.

Apalagi, pemerintah telah resmi menetapkan bahwa hari tersebut sebagai hari libur nasional.

Demikian dikatakan Koordinator Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) 1992 Kota Tangsel, Agus Kariyanto, Senin (28/4/2014).

“Yang jelas, karena tanggal 1 Mei sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional, kita tentunya bakalan all out memperjuangkan nasib buruh,” kata Agus.

Menurutnya, pada 1 Mei setidaknya ada 2.000 buruh anggota SBSI 1992 asal Tangerang Raya (Kota Tangsel, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang) yang akan turun ke jalan.

Sasaran utama tempat melakukan aksi adalah Gedung Mahkamah Agung dan Istana Negara, Jakarta Pusat. “Itu baru buruh dari SBSI Tangerang Raya. Belum lagi teman-teman dari wilayah lain,” jelasnya.

Dalam aksi saat Ma Day itu, buruh akan menyuarakan sejumlah tuntutan. Salah satunya, bilang Agus, menolak program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dibatalkan.

“Setelah BPJS disahkan, ternyata tidak lebih baik dari Jamsostek. Selain itu, buruh juga dikenakan iuran untuk BPJS. Walaupun cuma dikenakan 0,5 persen dari gaji, tetap saja namanya bayar. Waktu masih Jamsostek, gratis,” tutur Agus.

Selain menolak BPJS, Agus mengatakan buruh tetap akan menyuarakan apa yang telah diperjuangkan selama ini. Yakni penghapusan sistem kerja outsourching dan menolak pemberlakuan upah murah.

Selain SBSI 1992, unsur buruh lain yang akan turun ke jalan adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI). Pengurus SPSI Kota Tangsel, Dahrul Lubis, mengatakan, sekitar 10.000 anggota asal Tangerang Raya akan turut menyuarakan aspirasi ke Ibukota. **Baca juga: Jelang May Day, Buruh Kepung Kota Tangerang.

“Tanggal 1 Mei nanti kita ada kegiatan bakti sosial di beberapa tempat, setelah itu baru turun ke jalan,” ujar Dahrul seraya menambahkan bila aspirasi yang akan disuarakan kurang lebih sama dengan aspirasi SBSI.(yud)

Berita Terbaru