oleh

Mata Pancarkan Kesehatanmu

ilustrasi bbsKabar6-Mata adalah jendela hati. Pancaran mata mengambarkan kondisi hati, karena mata tidak pernah berbohong. Tidak hanya itu, juga mampu mendeteksi berbagai masalah gangguan kesehatan.

 

Ada beberapa gangguan yang dapat menjadi sinyal ketidakberesan dalam tubuh seperti:

 

1. Ukuran pupil (lingkaran hitam di tengah bola mata) yang tidak simetris menunjukkan bahwa orang tersebut berada pada risiko tinggi mengalami stroke, tumor saraf optik, tumor otak, atau aneurisme otak.

2. Mata kering dan sangat sensitif terhadap cahaya, dapat menjadi sinyal adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh seperti sindrom Sjogren, yaitu gangguan sistem imun di mana sel imun menyerang dan menghancurkan kelenjar eksokrin yang memproduksi air mata dan liur.

 

3. Mata seakan berkabut bisa jadi menandakan Anda memiliki katarak. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang lanjut usia. Namun anak muda pun berisiko dan biasanya disebabkan efek samping dari penyakit diabetes, tumor dan pengonsumsian obat tertentu.

 

4. Ada banyak hal yang dapat menyebabkan mata terasa gatal. Karena mata dan daerah sekitarnya adalah bagian yang paling sensitif dan lebih rentan terhadap infeksi dan alergi. Jika mata Anda gatal dan merah, sebaiknya segera ke dokter Untuk melalukan tes alergi. Mata yang bengkak dan sakit menandakan bahwa Anda kurang tidur.

 

5. Mata Abu-abu, yaitu di sekitar kornea mata tampak seperti cahaya cincin, kemungkinan Anda mengidap arcus senilis, yang sering dikaitkan dengan kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi, dan dapat menyebabkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebaiknya Anda segera ke dokter untuk mengoreksi lagi diet yang mungkin sedang Anda jalani.

 

6. Mata berair kemungkinan besar menandakan adanya infeksi yang disebabkan oleh virus. Apabila penglihatan Anda menjadi kabur artinya mengalami Computer Vision Syndrome (CVS) yang disebabkan kelelahan mata karena memandang layar komputer.

 

7. Benjolan kuning atau xanthelasma palpebral pada kelopak mata menjadi sinyal peringatan bahwa kadar kolesterol Anda sangat tinggi. Benjolan ini merupakan timbunan lemak yang mengumpul dan tumbuh di kelopak mata.

 

8. Mata berdarah dengan pembuluh darah yang pecah sehingga membuat mata bernoda kotor dan terasa sakit, dapat menjadi sinyal Anda memiliki tekanan darah tinggi, yang menyebabkan pembuluh darah di retina menjadi kaku dan terpelintir penyebab mata menjadi merah, yang dapat meningkatkan risiko stroke.

 

9. Bagian mata yang putih berubah menjadi kuning menjadi sinyal kemungkinan Anda menderita penyakit kuning, yang berkaitan dengan masalah di hati dan kandung empedu. **Baca juga: Kurang Minum Sebabkan Batu Saluran Kemih.

Selalu waspada terhadap perubahan yang terjadi pada mata dan sekitarnya, serta senantiasa menjaga kesehatan dan asupan makanan yang benar, dapat menekan sekecil mungkin risiko terburuk yang menimpa kesehatan Anda.(bbs)

Berita Terbaru