oleh

Masyarakat Pesisir di Lebak Diimbau Waspada Cuaca Ekstrem

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak meminta masyarakat di enam wilayah pesisir yakni Bayah, Panggarangan, Cihara, Malingping, Cilograng, dan Wanasalam mewaspadai angin kencang dan gelombang tinggi akibat Siklon Tropis Kenanga.

“Kami imbau masyarakat, terutama masyarakat di pesisir pantai meningkatkan budaya waspada cuaca ekstrem,” kata Kepala BPBD Lebak, Kaprawi kepada Kabar6.com, Selasa (18/12/2018).

Kaprawi mengatakan, BPBD telah mendirikan posko, sarana dan prasarana serta relawan pokok di masing-masing wilayah tersebut. Sesuai arahan Presiden juga dilibatkan personel TNI dan Polri.

“Arahan bupati melaksanakan upaya-upaya keselamatan masyarakat secara maksimal dan pemenuhuan kebutuhan dasar,” ujar Kaprawi.

Perubahan cuaca sambung Kaprawi sudah terjadi sejak November. Sementara cuaca ekstrem terjadi di beberapa titik.

“Beberapa pekan terjadi gelombang tinggi mencapai empat meter dengan intensitas hujan ringan, sedang dan tinggi, ucapnya.**Baca Juga: Sopir Truk Unjukrasa, Begini Kata Bupati Tangerang.

Menurutnya, siklus tropis kenanga menjadi bahan antisipasi siklus lima sepuluh tahunan terhadap bencana hidrometeorologi.

“Masyarakat sudah bagus tentang kebencanaannya, yang terasa adalah saat wilayah tetangganya terjadi bencana, mereka sudah cepat tanggap membantu tidak menunggu petugas datang,” jelas Kaprawi.(Nda)

Berita Terbaru