oleh

Masturbasi Berbahaya Bila…

Kabar6-Masturbasi (onani atau rancap) adalah perangsangan seksualitas yang sengaja dilakukan pada organ kelamin untuk memperoleh kenikmatan dan kepuasan seksual.

 

Perangsangan ini dapat dilakukan tanpa alat bantu ataupun menggunakan suatu objek atau alat, atau kombinasi dari keduanya.

 

Aktivitas masturbasi umumnya dilakukan secara diam-diam. Ketika seseorang berada pada fase tidak nyaman, maka dia akan melakukan aktivitas seksual masturbasi.

 

Pada dasarnya, masturbasi merupakan aktivitas alami dan tidak membahayakan. Tapi bila hal ini dilakukan secara berlebihan, akan menjadi masalah dan dapat mengganggu kehidupan Anda.

 

Gloria Brame, Ph.D, seorang ahli seksologi klinis, mengatakan bahwa aktivitas masturbasi merupakan suatu bagian dalam kegiatan seks yang sehat. Kegiatan ini benar-benar aman dan tidak berbahaya. Bahkan, ini lebih sehat daripada Anda menyikat gigi setiap hari.

 

Bagaimana Anda mengenali sekaligus mengetahui sejauh mana masturbasi yang aman dan menyehatkan atau sudah dalam tahap membahayakan?

 

1. Masturbasi jangan sampai mencederai diri sendiri. Belum ada patokan berapa kali masturbasi yang sehat itu dalam seminggu, serta berapa lama durasi masturbasi yang sehat atau wajar.

 

2. Jika masturbasi dilakukan rutin tiga hingga 10 kali secara berturut-turut dalam seminggu, maka aktivitas tersebut dapat dijadikan indikasi bahwa Anda menggunakan masturbasi sebagai bentuk pelarian dari masalah dan digunakan untuk mengobati/mengatasi masalah.

 

3. Sebagian orang menganggap bahwa masturbasi lebih aman serta meminimalisir tekanan dari pasangan, dibandingkan melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

 

Masturbasi dapat mengatasi ketakutan yang dapat menyebabkan penolakan atau diabaikannya dalam hubungan tersebut. Bila hal di atas dijadikan alasan, maka dapat mengganggu intimasi berpasangan dan dapat berbahaya dalam hubungan.

 

4. Masturbasi bisa menjadi sesuatu yang negatif jika Anda melakukannya tanpa alasan yang jelas. Misalnya, jika usai melakukan masturbasi Anda menjadi merasa seperti pribadi yang bodoh atau kesepian.

 

Sebaliknya, masturbasi masih dikategorikan dalam aktivitas yang aman bila Anda merasakan kenyamanan, adanya sensasi dan merasa terhubung dengan diri sendiri.

 

5. Masturbasi menjadi tidak sehat jika Anda merasa malu baik saat atau setelah melakukan aktivitas tersebut. Beberapa hal yang mempengaruhi perasaan malu ini biasanya dikarenakan Anda melakukan suatu aktivitas yang kurang baik atau benar menurut pandangan Anda karena ada pengaruh dari berbagai nilai atau norma yang dianut.

 

6. Masturbasi menjadi tidak sehat jika Anda menjadi kecanduan. ** Baca juga: Ladies, Pahami Apa yang Diinginkan Pria

 

7. Aktivitas seksual ini tidak sehat, jika obsesi Anda terhadap masturbasi semakin besar, serta Anda tidak dapat mengontrol diri untuk melakukan masturbasi atau aktivitas ini sudah menguasai pikiran Anda.

 

Jadi evalusi diri tentang apa kepentingan dan kegunaan masturbasi untuk Anda, akan membuat aktivitas ini menjadi sehat dan terkontrol. (ilj/bbs)

Berita Terbaru