oleh

Masjid Tertua di Mekarwangi “Diguyur” Bantuan Bupati Tangerang

Kabar6-Masjid Jami Al Anshor sebagai masjid tertua di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cisauk, Kabupaten Tangerang, mendapat bantuan dari Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

Dalam siaran pers yang diterima kabar6.com, Minggu (15/9/2013), sedianya bantuan disampaikan Bupati saat kunjungan dalam Program Jumat Keliling (Jumling), pada Jumat (13/9/2013) kemarin.

Usai menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp. 10 juta, Bupati juga menyempatkan makan bersama dengan warga Cilegong, Desa Mekarwangi yang disambut oleh ibu-ibu dan anak-anak sekolah warga desa.

Bupati Zaki mengaku senang berada di Kp Cilegong, Desa Mekarwangi yang suasana pedesaannya masih kental. Kebun bambu dan rumah-rumah ala pedesaan masih asri dengan udaranya yang segar, termasuk kentalnya suasana persaudaraan di antara warga penduduk.

“Di sini sejuk, suasana pedesaannya masih kental. Saya senang ke Cisauk
sehingga dalam minggu ini saya dua kali mampir ke wilayah Cisauk ini,” ucap Bupati di hadapan jamaah Jumling.

Sementara, Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami Al Anshor Syeh Dardai Iskandar mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian dari Bupati Tangerang tersebut.

Langkah Bupati Tangerang yang turun langsung kebawah dalam menjalankan pemerintahan, tentunya akan membangun kedekatan antara warga dan pemerintah.

Sedianya, Masjid Jami Al Anshor yang berdiri sejak tahun 1947 banyak menyimpan sejarah. Tadinya, masjid ini hanya berupa gubuk kecil dengan sebutan langgar (musholah) yang dibangun swadaya oleh warga sekitar.

“Pada zaman peperangan, masjid tersebut tidak menggunakan pengeras suara karena berhubungan dengan budaya masyarakat sekitar,” ujar Syeh Dardai.

Jadi, lanjutnya, jika ingin mengumandangkan azan, muazin harus melakukan di luar masjid diawali suara kentongan dan beduk sebagai pertanda waktu untuk sholat.(hms/jus)

Berita Terbaru