oleh

Masjid Raya Al Azhom Siap Gelar Sholat Teraweh

Kabar6-Masjid Raya Al Azhom tetap akan menggelar ibadah sholat teraweh maupun idul fitri dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Pasalnya, Pemkot Tangerang telah mengeluarkan surat edaran Walikota Nomor : 180 / 1208 -Hukum/2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Pada Masa pandemi Corona Virus Disease 2019.

“Sesuai arahan pak Wali (Arief) dan imbauan MUI tetap pelaksanaan ibadah teraweh ini menerapkan protokol kesehatan,” ujar Ketua Harian Masjid Raya Al Azhom, KH. Chaerudin saat dimintai keterangan, Kamis (8/4/2021).

Protokol kesehatan Covid-19 tersebut seperti menggunakan masker, cek suhu, menjaga jarak dan mencuci tangan dan sebagainya jemaah harus memenuhi standar. Mereka pun melibatkan relawan remaja masjid dari Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) untuk mengatur jemaah yang sholat di masjid tersebut. Sementara untuk jumlah relawan tergantung dengan kebutuhan.

Chaerudin menjelaskan, kapasitas masjid tersebut dapat diisi sebanyak 5 ribu jamaah. Namun demikian, dalam kondisi pandemi Covid-19 ini masjid hanya dapat diisi 50 persen jemaah.

“Kalau lihat yang sekarang aturannya itu 50 persen. Harusnya didalam dihitung sekitar 5 ribu jamaah. Kalau sekarang tinggal bagi dua saja, jadi 2.500 jemaah,” jelasnya.

Chaerudin mengimbau para imam masjid pada saat pelaksanaan sholat teraweh agar membaca surat tidak terlalu panjang. “Dan bacaan surat jangan sampai lama. Sehingga teraweh jalan dan imbauan dari pemerintah jalan,” katanya.

**Baca juga: Pemkot Tangerang Terbitkan Aturan Selama Puasa & Idul Fitri, Ini Aturannya

Pihaknya pun tidak menggelar buka puasa bersama. Namun hanya menyiapkan takjil untuk membatalkan puasa saat azan magrib. Selain itu, untuk para jamaah yang mau melakukan iqtikap di masjid, kata Chaerudin, pihaknya hanya sebagai fasilitator saja.

“Silakan saja. Tapi nanti masjid sebagai fasilitator saja. Maupun 10 hari terakhir ramadan iqtikap tapi tidak dibimbing oleh masjid sekarang. Di Istiqlal juga sama, Istiqlal juga hanya berikan fasilitas saja tapi tidak menyediakan makan dan sebagainya. Untuk sahur bisa bawah sendiri dari rumah,” tandasnya.(Oke)

Berita Terbaru