oleh

Masih Merasa Lapar Usai Sarapan, Apa Penyebabnya?

Kabar6-Salah satu kegiatan rutin di pagi hari sebelum melakukan aktivitas adalah sarapan. Namun pada sebagian orang, seringkali masih merasa lapar meski sudah sarapan dalam jumlah banyak. Apa penyebabnya?

Sarapan sangat penting bagi tubuh, setelah tidak ada asupan ke dalam tubuh selama tidur kurang lebih 6-8 jam. Nah, sebagian orang yang sarapan sekaligus banyak tetapi tak lama kemudian lapar kembali, hal itu ternyata disebabkan oleh kesalahan saat memilih menu sarapan.

Seorang editor gizi digital senior EatingWell di Meredith Corporation, melansir EatingWell, mengidentifikasi beberapa penyebab orang cepat merasa lapar meski baru sarapan. Apa sajakah itu?

1. Kurang asupan protein
Umumnya orang sarapan dengan makanan yang mengandung karbohidrat seperti roti, nasi, ketupat atau mi. Meskipun mengenyangkan, hal itu tidak akan bertahan lama. Sebagai gantinya, konsumsi karbohidrat kompleks yang lebih tinggi serat dan mengenyangkan.

Menurut riset, Anda perlu makan 30g protein saat sarapan. Karena protein bisa memberi rasa kenyang lebih lama. Anda bisa mendapatkan protein melalui telur, keju, yogurt, daging atau kacang-kacangan. Namun, karbohidrat dan protein yang dimakan haruslah seimbang.

2. Kurang asupan lemak
Memang, lemak kalorinya lebih besar daripada protein dan karbohidrat, tetapi lemak lebih mengenyangkan karena perlu proses cerna lebih lama. Agar kebutuhan lemak tercukupi tanpa takut gemuk, pilihlah lemak baik untuk sarapan seperti, alpukat, selai kacang, putih telur goreng atau rebus.

3. Kurang asupan serat
Serat juga akan memberi rasa kenyang yang cukup lama. Jika biasanya setelah makan roti tawar masih lapar, coba diganti dengan roti tawar whole wheat atau brown bread.

Anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk mendapatkan serat. Atau sereal dari gandum utuh, oatmeal, biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Makanan tinggi gula
Anda mungkin lebih suka memilih manis untuk sarapan seperti cinnamon roll, muffin, atau berbagai roti manis lainya. Pemilihan makanan manis ini akan membuat Anda mudah lapar kembali. Hal ini karena akan tadi mengandung gula tinggi dan akan cepat diserap tubuh, lalu membuat gula darah naik.

Anda bisa menggantinya dengan sarapan roti gandum telur, atau sereal gandum utuh dengan yoghurt tawar dan potongan buah segar. ** Baca juga: Sejak Pandemi COVID-19 Banyak Orang Alami Fobia Anthrophobia

5. Porsi makanan yang terlalu sedikit atau kecil
Mengurangi kalori tidak lantas makan dengan jumlah sedikit, tetapi perhatikan porsi wajar dan jenis menu sarapan. Tidak masalah sarapan sedikit lebih banyak, asal jangan berlebih, hingga perut terasa hampir kenyang.

Pasalnya, jika perut terlalu lapar di pagi hari akan medorong Anda makan lebih banyak di siang hari. Anda masih bisa menggantinya dengan mengemil buah-buahan segar atau kacang-kacangan sebelum makan siang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru