oleh

Margamulya dan Bencongan Sabet Juara I Provinsi Banten

Kabar6-Desa Margamulya Kecamatan Mauk dan Kelurahan Bencongan Indah Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, masing-masing keluar sebagai juara pertama tingkat Provinsi Banten untuk lomba desa dan kelurahan tahun 2013.

 

 

 

“Penetapan Magamulya dan Bencongan sebagai juara pertama setelah keduanya menyisihkan perwakilan desa dan kelurahan lain di wilayah pemerintahan Provinsi Banten,” kata Drs Aziz Gunawan, Kepala Bagian Pemerintahan Desa Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Kamis (1/8/2013).

 

Kabar kemenangan Margamulya dan Bencongan, ungkap Aziz, diperoleh dari tim penilai lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Banten melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa Provisni Banten.

 

“Kami sangat senang atas ditetapkannya Margamulya sebagai juara pertama. Ini sangat membanggakan, karena untuk kesekian kalinya selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2008, Kabupaten Tangerang kembali menjuarai lomba desa tingkat provinsi,” kata Aziz seperti dikutip Tim Humas Setda Kabupaten Tangerang.

 

Aziz yang rajin melakukan pembinaan ke desa-desa mengakui, sejak ia menjabat Kabag Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tangerang, desa yang dibimbingnya tiga kali keluar sebagai juara, yakni Desa Mekar Jaya Kecamatan Panongan juara pada tahun 2011.

 

Berikutnya, Desa Bojong Kamal Kecamatan Legok pada 2012 dan tahun ini Desa Margamulya.

 

Sementara itu, Kepala Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Tangerang Hj Eti Siswiati Rahayo yang juga telah mengetahui kemenangan Kelurahan Bencongan Indah, mengatakan, keunggulan Bencongan antara lain karena berhasil menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayahnya, sehingga tidak ada lagi PKL di kawasan Bencongan.

 

“Bencongan berhasil menertibkan PKL, sehingga pasca penertiban, PKL tidak lagi kembali berjualan. Begitu juga administrasinya, Kelurahan Bencongan dinilai bagus,” terang Eti.

 

Namun untuk penilaian lomba kelurahan di tingkat nasional, Eti dengan nada merendah mengatakan, Bencongan akan kalah dengan DKI Jakarta dan Yogyakarta karena DKI memiliki anggaran miliaran rupiah per tahun.

 

“Sedangkan kelurahan kita hanya memiliki anggaran Rp 200 juta, anggaran ini pun terbagi untuk fisik Rp 175 juta dan Rp 25 juta untuk administrasi selama satu tahun,” ujarnya.

 

Atas prestasi Margamulya dan Bencongan di tingkat provinsi, keduanya akan mewakili Banten dalam ajang lomba desa dan kelurahan tingkat nasional tahun 2013.(hms/jus)

 

Berita Terbaru