oleh

Manfaat Tersembunyi di Balik Kebiasaan Duduk Tegak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sebagian orang memiliki kebiasaan duduk santai dengan membungkukkan badan. Terlebih jika pekerjaan di kantor lebih banyak dihabiskan di depan komputer, yang membuat Anda otomatis lebih sering duduk.

Padahal diketahui, duduk dengan postur tegak memiliki manfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Okezone, berikut enam manfaat yang tersembunyi di balik kebiasaan duduk tegak:

1. Lawan stres
Sebuah terobosan baru dari The University of Auckland yang menyatakan bahwa duduk dengan postur tegak mampu melawan stres.

2. Bernapas lebih baik
Saat duduk tegak, lakukan teknik pernapasan perut untuk membantu mengendurkan otot-otot tenggorokan dan memberikan suara yang lebih berat. Penelitian menunjukkan, orang yang memiliki karakter suara berat memiliki kesempatan lebih cepat menjadi pemimpin.

3. Miliki lebih banyak energi & optimis
Dr. Erik Peper, profesor kesehatan holistik dari San Francisco State University, melakukan penelitian tentang bagaimana postur tubuh dapat memengaruhi suasana hati, memberikan lebih banyak energi, dan bahkan melawan depresi.

4. Lebih berkonsentrasi
Semakin banyak pasokan oksigen yang didapatkan dengan cara duduk tegak, Anda akan semakin berkonsentrasi dan memiliki fokus lebih baik. ** Baca juga: Gawat, Main Ponsel Sambil Tiduran Picu Kebutaan Sementara

5. Tingkatkan rasa percaya diri
Jika memasuki sebuah ruangan baru, postur tubuh adalah cerminan kepribadiaan Anda. Jika berdiri tegak, Anda akan memancarkan kepercayaan diri.

6. Hindari sakit punggung
Memerhatikan posisi duduk itu sangat penting untuk menjaga lengkungan punggung supaya berada pada posisi yang benar. Dengan begitu Anda akan mencegah sakit punggung.

Yuk, mulai membiasakan diri duduk dengan posisi tegak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru