oleh

Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan

Kabar6-Pepaya, jenis buah yang mudah tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Tanpa perlu perawatan yang rumit, pepaya dapat tumbuh subur dan rajin berbuah.

 

Selain mengandung vitamin C, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, dan thiamin dalam jumlah yang cukup tinggi, enzim papain dalam pepaya dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan.

 

Penelitian yag dilakukan sekelompok mahasiswa dari Universitas Karachi, Pakistan, menemukan beberapa manfaat pepaya yang mungkin belum Ada ketahui. Berikut uraiannya:

 

1. Pepaya dapat mengontrol penyakit diabetes. Selain itu, asupan harian pepaya dapat mencegah kanker, karena pepaya mengandung sejumlah zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti likopen dan lain sebagainya.

 

2. Mengonsumsi pepaya setiap hari, cukup efektif untuk membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan. ** Baca juga: Hah..?? Sebagian Perempuan Tidak Tahu Letak Organ Intim Mereka?

 

3. Secara tidak langsung, pepaya dapat membantu mengurangi risiko kemungkinan serangan jantung atau stroke. Karena itulah disarankan untuk menambahkan pepaya dalam menu harian untuk mereka yang mengalami hipertensi.

 

4. Vitamin A yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mempertajam penglihatan. Selain itu juga bermanfaatdalam meningkatkan kesuburan pria dan wanita.

 

5. Pepaya membantu mengatasi sembelit dan mual, serta melindungi diri dari pembentukan emfisema, yaitu gangguan pada paru-paru dalam tubuh akibat kebiasaan merokok.

 

6. Pepaya dapat menjadi detoksifikasi alami, yaitu membersihkan racun-racun yang berbahaya dalam tubuh. Kandungan magnesium pada pepaya diketahui bermanfaat untuk menghilangkan jerawat serta dapat mempercepat penyembuhan akibat cedera.

 

Selain daging buah pepaya, ternyata biji pepaya pun memiliki banyak manfaat, antara lain:

 

1. Minum jus biji pepaya bermanfaat menjaga kesehatan ginjal, karena mengandung flavonoid dan phenotic, yang berperan penting untuk mencegah datangnya kuman-kuman penyakit.

 

2. Jus biji pepaya mampu melindungi tubuh dari infeksi dan mencegah masuknya parasit yang berada dalam usus, seperti cacing parasit. Masyarakat Jepang sering mengonsumsi satu sendok teh biji pepaya untuk mencegah penyakit liver atau hati.

 

3. Biji pepaya yang dikonsumsi bersamaan dengan susu, dapat mencegah penyakit tifus, serta bermanfaat menyembuhkan wasir. Senyawa khusus yang terkandung dalam biji pepaya, dapat mencegah pembentukan tumor.

 

Menjaga kesehatan tidak harus dengan biaya ekstra mahal, karena tumbuhan di sekitar kita pun ternyata memiliki manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan.(ilj)

Berita Terbaru